Estimasi ketidakpastian pengukuran laju dosis sistem pemantau radiasi online sebagai indikasi awal stabilitas detektor di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif

Adi, Wijayanto and Estelita, Felicia G.M.T. (2019) Estimasi ketidakpastian pengukuran laju dosis sistem pemantau radiasi online sebagai indikasi awal stabilitas detektor di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif. In: Seminar Nasional Infrastruktur Energi Nuklir 2019, 10 Oktober 2019, Pontianak.

[thumbnail of Prosiding_Adi Wijayanto_PTLR_2019.pdf] Text
Prosiding_Adi Wijayanto_PTLR_2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif Badan Tenaga Nuklir Nasional (PTLR–BATAN) memiliki Fasilitas Radiasi yaitu Instalasi Pengolahan Limbah Radioaktif (IPLR) dan Instalasi Nuklir, yaitu Kanal Hubung-Instalasi Penyimpanan Bahan Bakar Nuklir Bekas (KH-IPSB3) serta instalasi penyimpanan sementara untuk limbah radioaktif baik yang beraktivitas rendah, sedang maupun tinggi dari berbagai jenis radionuklida. Untuk mengetahui laju dosis radiasi dan tingkat kontaminasi udara di daerah kerja tersebut membutuhkan sebuah sistem pemantauan radiasi online. Data sisem pemantauan radiasi online berupa data laju dosis. Dalam makalah ini, data laju dosis tersebut dilakukan analisis dengan menggunakan metode estimasi ketidakpastian pengukuran, sebagai langkah awal indikasi stabilitas detektor estimasi ketidakpastian pengukuran dengan data hasil pengukuran laju dosis melalui monitor radiasi yang tercatat online setiap 2 detik di IPLR dan KH–IPSB3. Adapun hasil pengujian stabilitas detektor secara statistik dengan estimasi ketidakpastian pengukuran untuk pengukuran laju dosis IPLR dan KH-IPSB3 dinyatakan benar hingga 99.5% kecuali untuk ruang evaporasi IPLR dinyatakan nilai standar deviasi lebih besar daripada rata-rata karena detektor digunakan sebagai indikator kejenuhan resin pada proses resin penukar ion dan Pintu Kanal Masuk KH-IPSB3 dinyatakan nilai standar deviasi lebih besar daripada rata-rata karena detektor rusak dan sudah dilakukan perbaikan di awal tahun ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Isotop dan Radiasi
Taksonomi BATAN > Isotop dan Radiasi > Pemanfaatan Isotop dan Radiasi
Divisions: BATAN > Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir
Depositing User: Mrs Hanida -
Date Deposited: 07 Nov 2022 12:44
Last Modified: 07 Nov 2022 12:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12820

Actions (login required)

View Item
View Item