Kajian prakelayakan infrastruktur PLTN wilayah NTB

Edwaren, Liun and Dharu, Dewi and Arum, Puni Riyanti and Citra, Candranurani (2019) Kajian prakelayakan infrastruktur PLTN wilayah NTB. In: Seminar Nasional Infrastruktur Energi Nuklir 2019, 10 Oktober 2019, Pontianak.

[thumbnail of Prosiding_Edwaren Liun_PKSEN_2019.pdf] Text
Prosiding_Edwaren Liun_PKSEN_2019.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (306kB)

Abstract

Introduksi tenaga nuklir membutuhkan komitmen jangka panjang, baik secara nasional maupun internasional. Kerangka waktu dalam 100 tahun harus dipertimbangkan pada sebuah PLTN, meliputi skema penempatan limbah yang dapat diperpanjang lebih lama. Periode implementasi awal berkisar 10-15 tahun, sehingga komitmen program jangka panjang harus dibuat. Ada 19 urusan infrastruktur pada program PLTN yang membutuhkan tindakan spesifik yang masing masing berada dalam tiga fase. Tiga dari 19 infrastruktur PLTN tersebut yang dicakup dalam makalah ini adalah keterlibatan industri, keterlibatan pemangku kepentingan dan jaringan listrik. Makalah ini bertujuan untuk mendiskusikan perihal ketiga infrastruktur tersebut terkait wilayah interest calon tapak di NTB. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data primer melalui survei lapangan yang diolah dengan hasil studi pustaka dan kajian aspek risiko. Sebagai hasil kajian diperoleh bahwa kemampuan industri nasional telah dapat mendukung partisipasi domestik pada level 30 persen atau lebih yang mendominasi pada komponen sipil, mekanik dan elektrikal, sedangkan nuclear island didominasi oleh komponen import. Keterlibatan pemangku kepentingan memberikan hasil cukup posirif yang siap mendukung program PLTN di wilayah NTB, sedangakn dari aspek jaringan listrik untuk tahun 2040 berdasarkan perkembangan saat ini akan dapat mendukung PLTN berskala 100 MWe.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: PLTN; infrastruktur; industry nasional; keterlibatan pemangku kepentingan; jaringan listrik
Subjects: Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Perencanaan Sistem Energi Nuklir > Kajian Infrastruktur Sistem Energi Nuklir
Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Perencanaan Sistem Energi Nuklir > Kajian Infrastruktur Sistem Energi Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir
Depositing User: Mrs Hanida -
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:51
Last Modified: 10 Jan 2023 11:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item
View Item