Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan menginap di Hotel Santika pada masa pandemi

Sofiani and Dessy Natalia and Paulina (2022) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan menginap di Hotel Santika pada masa pandemi. Jurnal Darmawisata, 1 (2): 2. pp. 38-45. ISSN 2798-8201

[thumbnail of Jurnal_Sofiani_Universitas Negeri Gorontalo_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sofiani_Universitas Negeri Gorontalo_2022.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berbagai dampak, terutama bagi sektor pariwisata dan industri perhotelan. Santika Indonesia Hotels & Resorts menutup sebagian besar unit hotelnya akibat Pandemi Covid-19. Agar bisnisnya dapat tetap berjalan, hotel harus menyesuaikan operasionalnya dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan. Era normal baru ini menimbulkan adanya perubahan perilaku masyarakat, termasuk dalam hal berwisata. Penting bagi pihak manajemen hotel untuk mempelajari perilaku calon tamunya yang dapat mempengaruhi keputusan menginapnya. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat membantu mengetahui faktor pengaruh keputusan menginap di Hotel Santika pada masa pandemi. Teori yang digunakan adalah Theory of Planned Behaviour (Ajzen, 1991) terdapat tiga jenis pertimbangan yang mempengaruhi perilaku manusia, yaitu sikap, norma subjektif dan kontroil periilaku yang dipersepisikan. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa ketiga faktor tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap tamu. Berdasarkan hasil uji F, diketahui bahwa secara simultan, ketiganya berpengaruh secara signifikian terhadap keputusan menginap. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, diketahui bahwa sumbangan pengaruh terhadap keputusan menginap dari ketiga faktor tersebut yaitu sebesar 73%. Manajemen Hotel Santika diharapkan dapat lebih meningkatkan sosialisasi terkait penerapan Protokol Kesehatan, membuat program-program tertentu yang dapat menciptakan pengalaman positif, menjaga agar ulasan hotel tetap positif, dan membuat berbagai tawaran menarik yang disesuaikan dengan kemampuan target pasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: attitudes; subjective norms; perceived behavioral control; stay decision
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:43
Last Modified: 14 Nov 2022 03:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item
View Item