Daya tarik wisata Kota Seribu Klenteng (Kota Singkawang) di masa pandemi Covid-19

Stephanie Rosanto and Verryka Chainarta (2022) Daya tarik wisata Kota Seribu Klenteng (Kota Singkawang) di masa pandemi Covid-19. Jurnal Darmawisata, 1 (2): 1. pp. 33-37. ISSN 2798-8201

[thumbnail of Jurnal_Stevhanie_Universitas Gorontalo_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Stevhanie_Universitas Gorontalo_2022.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Berbagai tempat wisata di Indonesia ditutup akibat terkena dampak pandemi COVID-19 ini dan menyebabkan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia berkurang secara drastis. Setelah diberlakukannya New Normal, tempat-tempat wisata tersebut dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Berkurangnya jumlah wisatawan juga terjadi pada Kota Singkawang yang berada di 145 km Utara Kota Pontianak, ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Kota yang lebih sering dikenal dengan nama Kota Seribu Klenteng ini menawarkan keunikan lokasi dan sosial-budaya sebagai salah satu Daya Tarik Wisata (DTW) wisatawan lokal maupun mancanegara. Akulturasi sosial budaya Kota Singkawang terkenal sangatlah kental dengan sikap saling menghormati satu sama lain. Kota ini dinobatkan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia peringkat pertama di tahun 2018 dan peringkat kedua di tahun 2020 menurut riset dari Setara Institute. Julukan Kota Seribu Klenteng bagi Kota Singkawang memanglah tepat karena berlandaskan oleh 700 lebih tempat ibadah umat Buddha dan Konghucu, lebih dikenal dengan sebutan klenteng, yang juga dijadikan sebagai warisan bersejarah bagi sosial budaya Indonesia. Metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan analisa data. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi Kota Singkawang di masa pandemi COVID-19 yang telah menurunkan minat kunjung wisatawan dan tetap menjadikan kota ini sebagai penyumbang devisa daerah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tourist attraction; socio-cultural; tourist visit interest; Singkawang; a thousand monasteries
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:39
Last Modified: 14 Nov 2022 03:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12643

Actions (login required)

View Item
View Item