Peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui permainan tradisional pada anak usia dini

Reza, Nur Azizah and Imam, Syafi’i (2022) Peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui permainan tradisional pada anak usia dini. Lentera Anak, 3 (1): 5. pp. 53-62. ISSN 2746-4121

[thumbnail of Jurnal_Reza Nur Azizah_UIN Sunan Ampel_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Reza Nur Azizah_UIN Sunan Ampel_2022.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang terus maju dan arus teknologi yang kian pesat membuat perubahan dalam kehidupan dan aktivitas manusia termasuk anak usia dini. Aktivitas bermain anak bergeser pada dunia digital. Hal ini juga membuat bergesernya aspek budaya pada masa lampau dimana anak-anak hanya mengenal permainan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan perkembangan sosial emosional melalui permainan tradisonal yang kemudian dapat diajadikan acuan dalam pengelolaan srategi pembelajaran di lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) menentukan topik (2) mencari sumber (3) menganalisis sumber (4) mereduksi sumber (5) review sumber (6) Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini pekembangan sosial emosional menjadi meningkat dengan melalui permainan tradisonal. Terjadi perubahan pada perkembangan sosial dan emosi pada anak usia dini setelah mereka bermain dengan permainan tradisonal.

Kata kunci: Sosial Emosional, Permainan Tradisional

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sosial emosional, Permainan tradisional
Subjects: Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Nov 2022 05:18
Last Modified: 17 Nov 2022 05:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12627

Actions (login required)

View Item
View Item