Efektifitas permainan tradisional terhadap pemahaman bilangan

Ratna, Nila Puspitasari (2022) Efektifitas permainan tradisional terhadap pemahaman bilangan. Lentera Anak, 3 (1): 1. pp. 1-16. ISSN 2746-4121

[thumbnail of Jurnal_Ratna Nila Puspitasari_IAIN Ponorogo_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ratna Nila Puspitasari_IAIN Ponorogo_2022.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif permainan tradisional dalam pemahaman bilangan. Fakta di lapangan ditemukan anak kelompok B belum mampu memahami bilangan. Dimana indikator memahami bilangan ini adalah anak mampu menyebutkan lambang bilangan dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah (penelitian tindakan) action research dengan model penelitan kurt lewin. Prosedur penelitian kurt lewin terdiri dari pertama perencanaan (planning), kedua tindakan (acting), ketiga pengamatan (observing), keempat refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sehingga penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini terdapat peningkatan terhadap pemahaman bilangan melalui permainan tradisional. Pada siklus 1 terdapat rata-rata nilai 25,6 dan pada siklus 2 rata-rata menjadi 35 hal ini menunjukan terdapat peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut maka membuktikan bahwa bermain dapat memberi kesenangan, informasi,mengembangkan imajinasi, meningkatkan keterampilan berkomunikasi, dan membantu memahami jalan pikiran anak.

Kata kunci: Anak usia dini, pemahaman bilangan, permainan tradisional

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Early childhood; understanding numbers; traditional games
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:54
Last Modified: 17 Nov 2022 07:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

View Item
View Item