Optimalisasi experiential marketing di Maqna Hotel pada masa pandemi Covid – 19

Dea Ramadhanningsih and Poppy Arnold Kadir and Rendy Wijaya (2021) Optimalisasi experiential marketing di Maqna Hotel pada masa pandemi Covid – 19. Jurnal Darmawisata, 1 (1): 3. pp. 11-16. ISSN 2798-8201

[thumbnail of Jurnal_Dea Rahadhanningsih_Universitas Gorontalo_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dea Rahadhanningsih_Universitas Gorontalo_2021.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview

Abstract

Maqna Hotel Gorontalo merupakan salah satu properti Prasanthi Hotels and Resorts. Prasanthi Hotels and Resorts merupakan jaringan operator hotel xviokal yang mengangkat potensi budaya Indonesia, namun pada awal tahun 2020 WHO sudah menetapkan wabah Covid-19 sebagai pandemik global. Beberapa sektor kehidupan di indonesia terpengaruh oleh adanya Covid-19 ini, seperti sektor ekonomi, pendidikan, sosial dan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis sense, feel, think, act, dan relate pada pelanggan di Maqna Hotel by Prasanthi dalam mengoptimalkan experiential marketing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa yang menjadi faktor penggerak sense, feel, think, act, dan relate pada pelanggan di Maqna hotel by prasanthi dan Bagaimana strategi hotel Maqna mengoptimalkan experience para tamu yang pernah menginap. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kuantitatif, prosedur pengumpulan data yang diperoleh melalui pengumpulan angket/questioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teori yang saya gunakan yaitu teori dari Bernd H. Schmitt, 1999,buku tersebut menceritakan tentang Experiential Marketing (How to Get Customers to sense, feel, think, act, and relate to Your Company and Brands). Adapun permasalahan dilapangan yang sering terjadi seperti Ac rusak, tamu yang mendapatkan kamar yang tidak memiliki jendela, lift rusak,pelayanan kurang responsive, dan kurangnya penataan karawo sebagai budaya Gorontalo. Yang saya temukan dilapangan yaitu banyaknya keluhan terhadap prodak dan pelayanan yang diberikan oleh Hotel Maqna kepada pelanggan. Dan kesimpulan yang saya tarik dari permasalahan diatas bahwa sebagian pengunjung menyatakan sangat setuju dari aspek Relate.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: experience; marketing; covid-19 pandemic; optimization
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:29
Last Modified: 14 Nov 2022 03:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item
View Item