Penggunaan metode statistik <i>downscaling</i> dalam menganalisis variasi curah hujan berbasis <i>Global Circulation Model</i> (GCM)

Sinta, Berliana Sipayung and Sutikno, Sutikno and Eddy, Hermawan (2012) Penggunaan metode statistik <i>downscaling</i> dalam menganalisis variasi curah hujan berbasis <i>Global Circulation Model</i> (GCM). UNSPECIFIED. LIPI.

[thumbnail of Prosiding_Sinta Berliana S_PSTA_2012.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Sinta Berliana S_PSTA_2012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah digunakan metode <i>Statistical Downscaling</i> (SD) dalam menganalisis variasi curah hujan hasil luaran <i>Global Circulation Model</i> (GCM) yaitu GCM CSIRO (Mk 3.0) dan CGCM3.1 (T47). Wilayah kajian di Aceh, (tipe hujan monsun), Solok (tipe hujan ekuatorial) dan Ambon (tipe hujan lokal), pada periode 1900-2000. Berbagai metode SD digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan luaran dengan akurasi tinggi, diantaranya regresi komponen utama (RKU/PCR), jaringan syaraf tiruan (JST/ANN), dan regresi splines adaptif berganda (RSAWMAR.S). Berdasarkan hasil validasi model, metode RSAB mempunyai tingkat akurasi yang relatif stabil tinggi diberbagai wilayah kajian. Berdasarkan nilai RMSE <i>(Root Mean Square Error)</i> korelasi antara observasi dan basil dugaan model bahwa metode RSAB dan PCR mempunyai <i>performance</i> yang lebih baik jika dibandingkan dengan jaringan syaraf tiruan (1ST). Dengan menggunakan ketiga metode diatas untuk model CGCM maupun CSIRO diperoleh korelasi yang kecil (negatip) seperti Solok. Hasil ini menunjukkan bahwa curah hujan wilayah tersebut lebih didominasi faktor <i>local forcing</i>, seperti topografi dan variasi tataguna lahan. Demikian juga terdapat wilayah dimana ketiga metode mempunyai basil yang relatif baik yaitu Ambon karena pengaruh lokal. Dapat disimpulkan bahwa metode PCR dan RSAB mempunyai <i>performance</i> hampir sama pada hasil dugaan terutama untuk wilayah dengan curah hujan tipe monsun dan lokasi wilayahnya datar seperti Aceh.

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Iklim, GCM, Statistical downscaling
Subjects: Atmospheric Sciences > Meteorological Data Collection, Analysis, & Weather Forecasting
Divisions: OR Kebumian dan Maritim
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:59
Last Modified: 02 Nov 2022 04:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12569

Actions (login required)

View Item
View Item