Studi pendahuluan fermentasi dedak dan onggok dengan menggunakan kapang Rhizopus orizae untuk budidaya cacing sutera (Tubifex sp.)

Pathiassana, Mega Trishuta and Matasari, Aulia Tri and Sriherwanto, Catur (2020) Studi pendahuluan fermentasi dedak dan onggok dengan menggunakan kapang Rhizopus orizae untuk budidaya cacing sutera (Tubifex sp.). Jurnal Agroteknosains, 4 (2). pp. 10-20. ISSN 2598-0092

[thumbnail of 382-1002-1-PB.pdf]
Preview
Text
382-1002-1-PB.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview

Abstract

This research is preliminary study about fermentation of bran and tapioca pulp applied Rhizopus orizae mold as cultivation media of silk worms (Tubifex sp.). Silk worms is very important in aquaculture as natural feed is usually preferred by larvae and fish seeds. There were 3 kinds of water used as habitat of the silk worm, such as black water, green water, and clean water. The method applied is total plate count with serial dilution and spread plate method in 3 treatments and 3 times of dilution without repetition. The calculation to understand the amount of Rhizopus orizae’s colony in bran and tapioca pulp’s inoculum had been made being fermentation feeds for silk worms (Tubifex sp.).

ABSTRAK. Penelitian ini merupakan studi pendahuluan fermentasi dedak dan onggok yang menggunakan kapang Rhizopus orizae sebagai media budidaya cacing sutera (Tubifex sp.). Cacing sutera sangatlah penting dalam budidaya perikanan sebagai pakan alami yang biasanya sangat disukai oleh larva dan benih ikan. Ada 3 jenis air yang digunakan sebagai habitat cacing sutera ini, yaitu air hitam, air hijau, dan air bersih. Metode yang digunakan adalah perhitungan cawan petri dengan pengenceran secara berseri dan metode cawan sebar yang dilakukan dengan 3 perlakuan dan 3 kali pengenceran tanpa ada pengulangan. Perhitungan ini dilakukan agar dapat mengetahui jumlah koloni Rhizopus oryzae yang terdapat pada inokulum dedak dan onggok yang telah dibuat untuk dijadikan pakan fermentasi untuk cacing sutera (Tubifex sp.).

Item Type: Article
Additional Information: DDC'23: 639.7
Uncontrolled Keywords: silk worms, Rhizopus orizae, Tubifex sp., fermentation
Subjects: Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture
Depositing User: - Lisda -
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:44
Last Modified: 26 Oct 2022 08:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12400

Actions (login required)

View Item
View Item