Pengukuran tingkat kinerja ruas jalan menggunakan data GPS

Suyuti, Rusmadi and Harjono, Mulyadi Sinung (2013) Pengukuran tingkat kinerja ruas jalan menggunakan data GPS. Jurnal Transportasi, 13 (1). pp. 35-44.

[thumbnail of 27. IA-85H-21-0179_Pengukuran tingkat kinerja ruas jalan menggunakan data GPS.pdf]
Preview
Text
27. IA-85H-21-0179_Pengukuran tingkat kinerja ruas jalan menggunakan data GPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Selain perbandingan antara volume lalulintas dengan kapasitas jalan, indikator tingkat kinerja jalan yang lain adalah kecepatan lalulintas rata-rata di ruas jalan tersebut. Setelah kapasitas dilampaui, semakin rendah kecepatan lalulintas rata-rata berarti semakin buruk kinerja ruas jalan tersebut. Informasi kecepatan lalulintas tersebut juga diperlukan sebagai masukan pada Real Time Traffic Information System. Kegiatan penelitian ini adalah mengukur kecepatan lalulintas rata-rata di suatu ruas jalan menggunakan informasi yang diperoleh dari data Global Positioning System. Teknologi off-roadway menggunakan teknologi satelit ini memiliki keunggulan dalam mengelola informasi posisi, arah, dan kecepatan bergerak. Pada pengamatan ini suatu kendaraan uji menggunakan Global Positioning System bergerak di sepanjang jaringan jalan perkotaan dan dipantau secara real time dari suatu Pusat Kontrol. Ketika data posisi kendaraan-kendaraan uji dari Pusat Kontrol dapat terhubung langsung dengan sistem informasi jaringan jalan, kecepatan lalulintas rata-rata pada berbagai segmen jalan tersebut dapat diketahui secara real time. Selain sebagai indikator tingkat pelayanan ruas jalan, dengan adanya data kecepatan rata-rata tersebut, dapat juga dilakukan pendekatan dan prediksi volume lalulintas di suatu jaringan jalan perkotaan.

Item Type: Article
Additional Information: DDC'23: 625.7
Uncontrolled Keywords: Kecepatan lalulintas; Global Positioning System; Tingkat pelayanan jalan; Sistem informasi lalulintas
Subjects: Transportation > Road Transportation
Depositing User: Rasty -
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:31
Last Modified: 20 Oct 2022 00:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item
View Item