Penambahan modul vital sign dan modul pemeriksa gula darah non invasive pada telemedicine workstation

Sarotama, Afrias and Tuntari, Beti and Suryana, Yaya and Febryarto, Rony (2018) Penambahan modul vital sign dan modul pemeriksa gula darah non invasive pada telemedicine workstation. In: Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2018, 17 Oktober 2018, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[thumbnail of eprint-penambahan modul vital.pdf]
Preview
Text
eprint-penambahan modul vital.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Istilah Telemedicine sendiri mengacu pada penggunaan teknologi telekomunikasi untuk diagnosis medis, pengobatan dan perawatan pasien . Tujuan dari Telemedicine adalah untuk menyediakan pelayanan kesehatan oleh tenaga ahli kepada masyarakat yang berada di daerah terpencil. Keuntungannya adalah masyarakat tidak perlu menempuh jarak yang jauh jika ingin berkonsultasi dengan dokter spesialis .Sistem Telemedicine terdistribusi yang dikembangkan Pusat Teknologi Elektronika-Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PTE-BPPT) mempunyai bagian yang dinamakan Telemedicine workstation, dilengkapi dengan modul Vital Sign dan modul pemeriksa gula darah Noninvasive. Modul Vital Sign digunakan untuk mendapatkan data medis tekanan darah, kadar oksigen dalam darah, suhu tubuh dan sinyal EKG. Modul pemeriksa gula darah Noninvasive menggunakan infra merah untuk memeriksa kadar gula
darah pada pasien. Penambahan modul Vital Sign dan modul pemeriksa gula darah pada Telemedicine workstation dapat digunakan sebagai data pendukung dokter puskesmas saat berkonsultasi dengan dokter spesialis di rumah sakit.(EMS2022)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:
Depositing User: Eka Meifrina
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:30
Last Modified: 04 Oct 2022 02:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12143

Actions (login required)

View Item
View Item