Paranoan, Petrus M. (1987) Sistem bargas kapal dorong (pusher barge) sebagai suatu alternatif angkutan laut di Indonesia. Majalah BPPT (XVIII): 3. pp. 25-41. ISSN 0216 - 6569
XVIII19872541_0216-6569.pdf
Download (671kB) | Preview
XVIII19872541_0216-6569.pdf
Download (671kB) | Preview
Abstract
Sistem Bargas-Kapal Dorong adalah suatu sistem angkutan laut yang prinsip dasarnya sama dengan sistem TRUK-GANDENGAN yang telah mampu memecahkan berbagai masalah pada angkutan darat.
Berbagai masalah yang selama ini dialami oleh armada niaga nasional telah mengakibatkan angka produktivitas sangat rendah: 15,71 Ton/Dwt/Tahun untuk armada Nusantara, dan 10,90 ton/Dwt/Tahun untuk armada lokal (target 20 Ton/Dwt/Tahun) antara lain adalah: waktu di pelabuhan terlalu lama, armada yang berumur sudah tua, muatan yang
tidak tersedia berkesinambungan. Pada sistem Bargas-Kapal Dorong, hari berlabuh dapat ditekan dan akan diperoleh
beberapa keuntungan lain dalam program pembangunannya. Diperkirakan sistem ini akan sesuai digunakan untuk pengangkutan batu bara dimasa mendatang.
Item Type: | Article |
---|---|
Depositing User: | - Hadiyati - |
Date Deposited: | 25 Sep 2022 08:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2022 06:41 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/12054 |