Pengelompokan Implementasi E-Government pada Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dengan Metode K-Meanscluster Analysis

Igif G. Prihanto (2015) Pengelompokan Implementasi E-Government pada Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dengan Metode K-Meanscluster Analysis. In: Kajian Kebijakan dan Informasi Kedirgantaraan. Mitra wacana media, Jakarta, pp. 57-74.

[thumbnail of Bunga rampai_Igif_PPIK_2015.pdf]
Preview
Text
Bunga rampai_Igif_PPIK_2015.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelompokan/pengklasteran implementasi e�Government pada tingkat LPNK di Indonesia berdasarkan kesamaan karateristik yang
dimiliki dari dimensi kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi dan perencanaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode K-Means Cluster Analysis terhadap 24 LPNK di Indonesia yang berpartisipasi dalam PeGI pada tahun 2014, berdasarkan kesamaan karateristik yang dimiliki dari kelima dimensi tersebut. Hasilnya menunjukkan, bahwa (i) Kelima klaster yang terbentuk dari 24 LPNK memiliki perbedaan yang signifikan antara klaster 1 dengan klaster 2, dan setiap dimensinya juga memiliki perbedaan yang signifikan terhadap klaster yang terbentuk; (ii) klaster 1 beranggotakan enam LPNK dan klaster 2 beranggotakan 18 LPNK; dan (iii) LPNK pada klaster 1 perlu melakukan tindakan perbaikan dalam keseluruhan dimensi untuk mempercepat implementasi e-Government, sedangkan LPNK pada klaster 2 diharapkan mengacu dan mengadopsi tindakan perbaikan yang dilakukan pada klaster 1.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: E-Government, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemeringkatan E-Government Indonesia (PeGI), Klaster K-Means.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa > Kebijakan > Strategis
Divisions: LAPAN > Sekretaris Utama LAPAN > Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan Dan Antariksa
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 24 Sep 2022 10:42
Last Modified: 24 Sep 2022 10:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12046

Actions (login required)

View Item
View Item