Peran Drone/Unmanned Aerial Vehicle (UAV) buatan STTKD dalam dunia penerbangan

Indreswari Suroso (2016) Peran Drone/Unmanned Aerial Vehicle (UAV) buatan STTKD dalam dunia penerbangan. Prosiding Seminar Nasional "Pengembangan Kebijakan dan Regulasi Penerbangan dan Antariksa : Problema dan Tantangan" 2016. pp. 104-112.

Full text not available from this repository.

Abstract

Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (Unmanned Aerial Vehicle atau UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya. Perkembangan teknologi membuat drone juga mulai banyak diterapkan untuk kebutuhan sipil, terutama di bidang bisnis, industri dan logistik. Dunia industri bisnis, drone telah diterapkan dalam berbagai layanan seperti pengawasan Infrastruktur, pengiriman paket barang, pemadam kebakaran hutan, eksplorasi bahan tambang, pemetaan daerah pertanian, dan pemetaan daerah industri. Berdasarkan jenisnya, terdapat dua jenis drone, yaitu multicopter dan fixed wing. Fixed wing memiliki bentuk seperti pesawat terbang biasa yang dilengkapi sistem sayap. Tipe fixed-wing memerlukan desain aerodinamika pada sayap dan badannya sehingga perancangannya cukup rumit. Multicopter yaitu jenis drone yang memanfaatkan putaran baling-baling untuk terbang. Drone Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) memiliki jenis multicopter, dan sudah dipergunakan untuk pemetaan di wilayah Kulonprogo terletak di Desa Glagah Temon dekat runway calon bandara dengan waktu operasional Drone STTKD kurang lebih 20 menit dan beban yang dapat diangkat 1 kg.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: drone, multicopter, fixed wing, UAV
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:01
Last Modified: 12 Oct 2022 06:05
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item
View Item