Analisis potensi dan karakteristik lahan di pulau kecil untuk menunjang pengembangan kawasan transmigrasi: kasus di Pulau Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas

Soewandita, Hasmana (2017) Analisis potensi dan karakteristik lahan di pulau kecil untuk menunjang pengembangan kawasan transmigrasi: kasus di Pulau Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas. In: Seminar Nasional Geomatika 2017: Inovasi Teknologi Penyediaan Informasi Geospasial untuk Pembangunan Berkelanjutan.

[thumbnail of Hasmana_01.pdf]
Preview
Text
Hasmana_01.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Pengembangan kawasan transmigrasi di pulau kecil masih jarang dilakukan. Pengembangan kawasan ini sangat tergantung dengan kondisi potensi lahannya baik aspek karakteristik maupun kondisi lingkungan lainnya. Tujuan dari kajian ini adalah melakukan studi investigasi kondisi potensi pulau kecil (Pulau Jemaja) dari segi aspek karateristik lahannya untuk mendukung cetak sawah sebagai bagian sarana pendukung pengembangan kawasan transmigrasi di kawasan perbatasan. Metode yang digunakan adalah analisis peta, ground check (sampling tanah), analisis kualitas lahan, dan analisis keterkaitan kependudukan dan ekologi lahan. Lokasi kajian di lahan wilayah pulau kecil Pulau Jemaja Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas. Hasil kajian menunjukkan dari pencadangan lahan untuk alokasi cetak sawah seluas 1.000 Ha, 650 Ha direkomendasikan untuk kesiapan sebagai lahan produksi. Hasil analisis menunjukkan kondisi kualitas lahan atau kesuburan lahan yang tergolong baik dan layak untuk pengembangan pertanian produktif seperti untuk budidaya tanaman padi seluas 450 Ha. Dengan didukung sarana dan prasarana bendung dan saluran irigasi, lahan seluas 450 Ha tersebut layak untuk cetak sawah dengan tingkat kualitas lahan/kesuburan lahan yang sesuai untuk tanaman padi. Kelayakan sumberdaya lahan untuk pertanian padi sawah dimungkinkan penempatan transmigran untuk mendukung aktivitas budidaya tanaman pangan. Penempatan transmigran di lokasi ini juga untuk mendukung penyebaran penduduk mengingat tingkat kepadatan penduduk di dua kecamatan tersebut (Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur) memang masih rendah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pulau kecil, karakteristik lahan, transmigrasi
Depositing User: - Lisda -
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:53
Last Modified: 20 Sep 2022 07:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11996

Actions (login required)

View Item
View Item