Kurnia Hidayat (2021) Pengaruh Konstanta Pegas (k) dan Konstanta Redaman (c) Pada Pergerakan Landing Gear Pesawat Terbang Berawak Menggunakan Simulasi Numerik. In: Bunga Rampai Inovasi Teknologi Penerbangan dari Pustekbang untuk Indonesia. IPB Press, Bogor, pp. 196-209. ISBN 978-623-256-808-2
Bunga Rampai_Kurnia_Pustekbang_2021.pdf
Download (676kB) | Preview
Abstract
Landing Gear adalah salah satu komponen pesawat yang berfungsi untuk menyerap energi saat mendarat, menahan beban pesawat saat taxi (berjalan di landasan) dan melakukan pengereman. Pergerakan landing gear saat mendarat akan berisolasi dan mengalami redaman seperti halnya pegas. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis pergerakan landing gear secara analitik menggunakan simulasi numerik yang dipengaruhi oleh nilai konstanta pegas (k) dan konstanta redaman (c) sebagai satu sistem pegas yang terintegrasi. Konstanta redaman (c) akan berpengaruh kepada penurunan amplitudo pergerakan landing gear dan akan mempercepat menuju kondisi setimbang untuk semakin besar nilai c. Konstanta pegas (k) akan berpengaruh terhadap posisi akhir kesetimbangan landing gear dan juga berpengaruh terhadap peroiode pergerakan landing gear.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | landing gear, simulasi numerik, konstanta pegas, konstanta redaman |
Subjects: | Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika |
Divisions: | LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan |
Depositing User: | Administrator Repository |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 04:26 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 08:09 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/11856 |