Lasinta Ari Nendra Wibawa (2020) Pengaruh Ketebalan Cap dan Tekanan Internal terhadap Tegangan Von Mises Silinder Berdinding Tebal untuk Tabung Motor Roket. Jurnal Teknik, 41 (2). pp. 111-118. ISSN 0852-1697
Jurnal_Lasinta ANW_Balai UPTAA Garut_2020.pdf
Download (758kB) | Preview
Abstract
Makalah ini meneliti tegangan von Mises yang terjadi dalam silinder berdinding tebal untuk tabung motor roket karena pengaruh ketebalan cap dan tekanan internal. Dimensi panjang silinder adalah 300 mm dan memiliki diameter luar 122 mm dan ketebalan dinding 8 mm. Ketebalan cap divariasikan 10, 15, 20, dan 25 mm dengan tekanan internal 4, 6, 8, 10, dan 12 MPa. Analisis tegangan menggunakan metode elemen hingga dengan perangkat lunak ANSYS untuk pemilihan tabung motor roket. Perbandingan nilai tegangan hoop dan longitudinal antara perhitungan analitik dan simulasi digunakan untuk proses validasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa ketika ketebalan cap meningkat, tegangan Von Mises berkurang. Aluminium 6061 dan CFRP memiliki faktor keamanan lebih tinggi dari 1,25 untuk semua ketebalan cap dan variasi tekanan internal. GFRP memiliki faktor keamanan lebih tinggi dari 1,25 untuk semua variasi tekanan internal ketika ketebalan cap 20 dan 25 mm.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Kerekayasaan |
Uncontrolled Keywords: | metode elemen hingga; bejana tekan; tabung motor roket; analisis tegangan; silinder berdinding tebal |
Subjects: | Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket |
Divisions: | LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket > Balai Uji Teknologi Dan Pengamatan Antariksa Dan Atmosfer Garut |
Depositing User: | Administrator Repository |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 04:44 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 08:20 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/11776 |