Rancang Bangun Sistem Monitoring Service Level Agreement Akuisisi dan Pengolahan Harian Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN Rumpin untuk Mendukung Ekosistem Darat

Fadillah Halim Rasyidy and Yuvita Dian Safitri and Kuncoro Adi Pradono and Wismu Sunarmodo and Hidayat Gunawan and Bayu Satya Adhitama (2019) Rancang Bangun Sistem Monitoring Service Level Agreement Akuisisi dan Pengolahan Harian Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN Rumpin untuk Mendukung Ekosistem Darat. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2019. pp. 498-503.

[thumbnail of Prosiding_Fadillah Halim Rasyidy_Pustekdata_2019.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Fadillah Halim Rasyidy_Pustekdata_2019.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Sistem monitoring Service Level Agreement (SLA) akuisisi dan pengolahan data satelit penginderaan jauh LAPAN, khususnya data resolusi menengah di stasiun bumi penginderaan jauh Rumpin terus dilakukan pengembangannya. Monitoring SLA yang telah dibangun sebelumnya menampilkan hasil perhitungan SLA akuisisi dan pengolahan yang menunjukkan data harian. Tulisan ini menjabarkan hasil pengembangan lanjutan dari sistem yang telah ada. Pembaharuan sistem menjadi satu portal bisa menampilkan perhitungan SLA akusisi dan pengolahan stasiun bumi penginderaan jauh Rumpin sampai ke level harian dengan tampilan per bulan yang dipilih. Program otomatisasi dibuat menggunakan script PHP untuk menghitung presentaase capaian keberhasilan, pembaharuan basis data, serta menampilkan hasil dalam bentuk tabel dari basis data menggunakan web interface. Pebaikan di sistem basis data mampu meningkatkan kinerja penyediaan infrmasi SLA dan menghapus kelemahan sebelumnya. Pembaharuan yang dilakukan membantu operator melakukan pelaporan SLA keberhasilan akuisisi dan pengolahan demi ketersediaan data penginderaan jauh untuk mendukung ekosistem darat.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-72335-9-1
Uncontrolled Keywords: Monitoring, otomatisasi, stasiun bumi, penginderaan jauh
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Pengoperasian Stasiun Bumi
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:12
Last Modified: 19 Jul 2022 08:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item
View Item