Abian Nurrohmad (2019) Analisa Faktor Intensitas Tegangan Pelat Datar Dengan Model Retak Tepi Dan Retak Tengah. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 116-124.
Bunga Rampai_Abian_Pustekbang_2018.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Salah satu faktor yang membahayakan operasi pesawat udara adalah adanya retakan. Selain bisa merambat, retakan juga menyebabkan berkurangnya kekuatan struktur karena adanya distribusi tegangan di sekitar ujung retak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perhitungan faktor intensitas tegangan pada pelat datar dengan retakan di tepi pelat dan di tengah pelat. Geometri dan panjang retak ditentukan di awal. Beban yang diberikan terdistribusi sebesar 1 MPa. Material yang digunakan adalah alumunium seri 2024-T3 yang biasa digunakan di pesawat terbang. Simulasi numerik dengan metode
elemen hingga menggunakan software Abaqus telah berhasil dilakukan. Hasil perhitungan numerik selanjutnya dibandingkan dengan perhitungan analitik. Perbedaan hasil antara numerik dan analitik yang dibawah 5% menunjukkan metode perhitungan numerik yang digunakan dapat diterima.
Kata kunci: mekanika retak, faktor intensitas tegangan, metode elemen hingga.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mekanika retak, faktor intensitas tegangan, metode elemen hingga. |
Subjects: | Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika |
Divisions: | LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan |
Depositing User: | Administrator Repository |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 07:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 08:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/11671 |