Lasinta Ari Nendra Wibawa (2019) Pengaruh Diameter Baut Terhadap Kekuatan Rangka Main Landing Gear Pesawat UAV Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Polimesin : Meneliti dan Menyebar Informasi Teknologi Mesin, 17 (1). pp. 26-32. ISSN 1693-5462
.Jurnal_Lasinta Ari Nendra Wibawa_UTPAA Garut_2019.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh diameter baut terhadap kekuatan rangka main landing gear untuk pesawat UAV menggunakan metode elemen hingga. Analisis statik linear dilakukan menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2017. Material rangka main landing gear menggunakan Aluminium paduan 5083. Pesawat UAV memiliki berat 75 kg dengan kecepatan landing 10 m/s dan waktu impak 0,5 detik. Variabel diameter baut yaitu 11 mm, 12 mm, 13 mm, dan 14 mm. Hasil simulasi menunjukkan bahwa tegangan Von Mises untuk diameter baut 11 mm, 12 mm, 13 mm, dan 14 mm berturut-turut yaitu 82,092 MPa, 85,113 MPa, 85,141 MPa, dan 85,340 MPa. Nilai deformasi untuk diameter baut 11 mm, 12 mm, 13 mm, dan 14 mm berturut-turut yaitu 2,173 mm, 2,185 mm, 2,194 mm, dan 2,204 mm. Nilai faktor keamanan untuk diameter baut 11 mm, 12 mm, 13 mm, dan 14 mm berturut-turut yaitu 3,472, 3,349, 3,347, dan 3,340. Dari hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa diameter baut terbaik adalah berukuran 11 mm.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aluminium 5083, Autodesk Inventor 2017, Analisis Elemen Hingga, Main Landing Gear, Diameter Baut |
Subjects: | Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika |
Divisions: | LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket > Balai Uji Teknologi Dan Pengamatan Antariksa Dan Atmosfer Garut |
Depositing User: | Administrator Repository |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 12:30 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 08:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/11670 |