Tampilan Data Muatan Roket Secara Real Time

Effendi Dodi Aisandi and Sendy Destya (2019) Tampilan Data Muatan Roket Secara Real Time. Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 158-165.

[thumbnail of Prosiding_Effendi_Pustekroket_2019.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Effendi_Pustekroket_2019.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Kegiatan uji terbang sebuah roket merupakan kegiatan akhir dari proses disain, pembuatan sampai terwujudnya sebuah roket. Desain roket sangat penuh perhitungan dan pertimbangan untuk memperoleh prestasi terbang roket yang optimal sesuai dengan tujuan. Untuk mengetahui perilaku sebuah roket pada saat uji terbang, maka diperlukan seperangkat alat elektronika yang dapat menggambarkan perilaku tersebut yang disebut dengan payload. Ada beberapa macam sensor yang dapat digunakan untuk menggambarkan perilaku tersebut yaitu; accelerometer, gyroscope, dan GPS. Informasi perilaku tersebut berupa data sensor untuk selanjutnya dikirimkan ke ground station secara real time dengan menggunakan radio modem. Ada dua metode yang dapat digunakan untuk memproses data informasi perilaku roket yaitu; secara langsung di muatan roket atau diproses di ground station. Ada kelebihan dan kekurangan dari kedua metode tersebut. Jika data perilaku diproses pada muatan roket pada saat terbang maka diperlukan sistem prosesor yang cepat untuk melakukannya. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah mengirimkan data perilaku ke ground station dan selanjutnya akan dilakukan pemisahan data. Hal ini dilakukan karena prosesor pada muatan roket belum mempunyai kecepatan yang tinggi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang dikirimkan dari muatan roket dapat dikelompokkan berdasarkan sensor yang digunakan dan ditampilkan dalam bentuk grafik dan angka. Sebelum data yang diterima ditampilkan maka terlebih dahulu dilakukan filtering data.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN978-602-6465-24-5
Uncontrolled Keywords: Pemisahan Data, Payload, Real Time, Filtering Data.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 09 Feb 2021 14:13
Last Modified: 18 Jul 2022 08:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11556

Actions (login required)

View Item
View Item