Penerapan Metode Taguchi Robust Design Untuk Optimisasi Pelat Komposit Berlubang Pada Pesawat LSU-05 NG

Abian Nurrohmad and Virdan A Pratama and Rizky Fitriansyah and Agus Bayu Utama (2019) Penerapan Metode Taguchi Robust Design Untuk Optimisasi Pelat Komposit Berlubang Pada Pesawat LSU-05 NG. Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 1-10. ISSN 978-602-6465-24-5

[thumbnail of Prosiding_Abian_Pustekbang_2019.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Abian_Pustekbang_2019.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Adanya lubang pada struktur seringkali menjadi permasalahan serius, karena dengan adanya lubang akan memicu terjadinya lonjakan konsentrasi tegangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimisasi struktur komposit berlubang pada pesawat LSU-05NG. Metode Elemen Hingga digunakan sebagai analisis untuk perhitungan konsentrasi tegangan. Adapun parameter desain yang digunakan diantaranya: diameter lubang, material, dan arah serat. Ketiga faktor tesebut dioptimisasi menggunakan metode Taguchi dengan fungsi objektif mendapatkan tegangan yang rendah (optimal). Dari hasil ANOVA didapat konfigurasi desain optimum adalah pelat berdiameter lubang 22 mm, material fiber karbon, dan arah serat 0/90, dengan nilai tegangan sebesar 287 kPa. Adapun masingmasing parameter desain mempunyai kontribusi terhadap kekuatan sebagai berikut: diameter lubang 8.59%; material fiber 9.10%; dan arah serat sebesar 68.36%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelat berlubang, komposit, metode Taguchi, Metode Elemen Hingga
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 08 Feb 2021 09:33
Last Modified: 18 Jul 2022 08:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item
View Item