Desain dan Implementasi Sistem Monitoring Tegangan dan Fasa Loss pada Jaringan Tenaga Listrik

Maulana Ali Arifin and Rendy Munadi and Basuki Rahmat (2017) Desain dan Implementasi Sistem Monitoring Tegangan dan Fasa Loss pada Jaringan Tenaga Listrik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Budi Luhur. pp. 638-646. ISSN 2087 - 0930

[thumbnail of SENMI_Maulana_Pusteksat_2017.pdf]
Preview
Text
SENMI_Maulana_Pusteksat_2017.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), kebutuhan konsumsi listrik di Indonesia mengalami pertumbuhan rata-rata 6,2% per tahun dalam kurun waktu tahun 2000 – 2012. Karena itu, peningkatan penyediaan kapasitas energi listrik juga harus diikuti dengan peningkatan kehandalan jaringan tenaga listriknya. Untuk itu diperlukan pemantauan kondisi jaringan tenaga listrik, sehingga jika terjadi masalah pada salah satu bagian jaringan, dapat segera diketahui dan ditindak lanjuti.
Pada saat ini, PLN masih menggunakan relay sebagai pengamanan trafo untuk keperluan tersebut. Karena itu, PLN mengetahui kerusakan trafo setelah mendapat laporan dari masyarakat. Pada pekerjaan penelitian ini, telah dibuat sebuah sistem monitoringjaringan tenaga listrik berbasis sistem telemetri dengan dukungan arduino-uno, sensor optocoupler, modem FSK IC TCM3105, dan handy talkie agar proses pemantauan dapat dilakukan secara real-time, sehingga jika terjadi kerusakan pada jaringan tenaga listrik dapat ditangani lebih cepat.
Hasil dari penelitian ini mampu melakukan pemantauan secara real-time dengan delay maksimum 1 detik yang bekerja pada jarak jangkauan kurang dari 175 m jika tanpa modifikasi antena pada handy talkie. Dengan delay maksimum 1 detik, membuat kapasitas maksimum remote terminal unit (RTU) dalam satu lingkup pemantauan adalah 60 RTU dengan metode pengiriman secara bergantian tiap RTU nya.

Item Type: Article
Additional Information: Publikasi Non LAPAN
Uncontrolled Keywords: monitoring, electricity networks, telemetry systems, arduino uno, optocoupler sensor
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 10 Mar 2021 01:36
Last Modified: 18 Jul 2022 08:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11424

Actions (login required)

View Item
View Item