Justifikasi CFD Kedalaman Groove Ban Pada Proses Perawatan Harian Pesawat B737-800 Akibat Hydroplaning

Vicky Wuwung and Nelli Anggreyni and Valeri Maria Hitoyo and Carolus Bintoro (2017) Justifikasi CFD Kedalaman Groove Ban Pada Proses Perawatan Harian Pesawat B737-800 Akibat Hydroplaning. Jurnal Teknologi Dirgantara, 15 (1). pp. 29-44. ISSN 1412-8063

[thumbnail of Jurnal TD_Vicky_PNB_2017.pdf]
Preview
Text
Jurnal TD_Vicky_PNB_2017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Groove atau ‘kembang” pada ban pesawat merupakan sarana untuk mengalirkan air dari bagian depan menuju bagian belakang melalui bagian bawah ban, tanpa mengangkat ban sehingga dapat mencegah terjadinya hydroplaning. Sehingga, pengaruh nilai kedalaman groove terhadap gaya angkat pada ban pesawat B737-800 yang bergerak di landasan dengan genangan air perlu dijustifikasi dalam proses perawatan harian. Penelitian ini menyimulasikan proses mengalirnya air pada bagian bawah ban dengan menggunakan simulasi numerik (CFD Numeca Fine/Marine) 3-D unsteady sebagai metode untuk menjustifikasi pengaruh groove. Simulasi dilakukan untuk kondisi gerakan ban pesawat pada saat proses landing (V = 62,275 m/s) beberapa saat setelah touch down (setelah skidding) dengan ban pesawat dianggap rigid body sebagai kondisi batas. Selanjutnya tinggi genangan air dipilih pada saat runway dinyatakan dalam kondisi flood (tinggi genangan air = 2,54mm). Simulasi tersebut menampilkan hasil perhitungan ban pesawat Boeing 737-800, dengan hydroplaning mulai terjadi ketika kedalaman groove ban berada dibawah 0,4 inch. Hal ini menunjukkan bahwa semakin kecil kedalaman groove, maka semakin kecil luas penampang groove dan semakin besar gaya kompresi yang terjadi pada bagian bawah ban dan semakin memperbesar kemungkinan terjadinya fenomena hydroplaning. Dengan diketahuinya hasil dari simulasi tersebut, maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi proses maintenance harian pesawat B737-800 dan mampu memberikan suatu hal baru dalam pembelajaran khususnya mengenai fenomena hydroplaning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: B 737-800, kedalaman groove, hydroplaning, CFD Numeca Fine/Marine, maintenance harian
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 06 Aug 2021 01:14
Last Modified: 18 Jul 2022 08:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11423

Actions (login required)

View Item
View Item