Kejadian Crosswind Di Landasan Pacu Bandara Supadio Pontianak Tahun 2016

Yusuf Hadi Perdana and I Dewa Gede Arya Putra (2017) Kejadian Crosswind Di Landasan Pacu Bandara Supadio Pontianak Tahun 2016. Prosiding SIPTEKGAN XXI-2017 Seminar Nasional Iptek Penerbangan & Antariksa XXI Tahun 2017. pp. 390-394. ISSN 978-602-71833-3-9

[thumbnail of Prosiding_Yusuf Hadi_BMKG_2017.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Yusuf Hadi_BMKG_2017.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Cuaca merupakan unsur penting yang harus selalu diperhitungkan dalam operasional penerbangan. Angin permukaan yang berhembus di landasan pacu berdasarkan arah datangnya dapat dikategorikan menjadi headwind, tailwind, dan crosswind. Informasi detil mengenai jenis dan arah angin tersebut dibutuhkan oleh pilot untuk melakukan pendaratan dan lepas landas. Crosswind dengan kecepatan lebih dari 7 knot dapat membahayakan pendaratan pesawat. Akibat angin tersebut pesawat dapat tergelincir dan keluar landasan pacu. Penelitian ini dilakukan dengan meninjau kejadian crosswind, headwind, dan tailwind di bandara Supadio Pontianak. Data yang digunakan adalah data arah dan kecepatan angin tiap jam selama tahun 2016 yang diperoleh dari Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak. Metode yang digunakan yaitu metode windrose dan analisis komponen angin yang sudah di proyeksikan terhadap landasan pacu. Hasil penelitian menunjukkan sepanjang tahun 2016 angin signifikan dengan kecepatan lebih dari 7 knot dominan berasal dari arah selatan, barat, dan barat daya. Crosswind dominan terjadi pada bulan Desember dan berasal dari arah kanan landasan pacu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: crosswind, pendaratan, landasan pacu
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:24
Last Modified: 18 Jul 2022 08:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11404

Actions (login required)

View Item
View Item