Hasil Validasi Perhitungan Tabung RX 320 dengan beberapa Software Struktur dan secara Teoritis

Ediwan and Mahfud Ibadi (2017) Hasil Validasi Perhitungan Tabung RX 320 dengan beberapa Software Struktur dan secara Teoritis. Prosiding SIPTEKGAN XXI-2017 Seminar Nasional Iptek Penerbangan & Antariksa XXI Tahun 2017. pp. 258-265.

[thumbnail of Prosiding_Ediwan_ Pustekroket_2017.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Ediwan_ Pustekroket_2017.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Pada perancangan suatu struktur mutlak diperlukan analisis kekuatan struktur untuk menjamin bahwa struktur tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan perancangan. Kekuatan struktur sendiri ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya sifat material dan geometri struktur, serta beban yang akan diterima. Karakteristik struktur ringan dengan kekuatan tinggi sangat diperlukan untuk rancang bangun struktur tabung motor roket, dan wahana terbang lainnya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa pemilihan material dan analisisnya perlu adanya validasi, untuk meyakinkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan benar adanya. Salah satu geometri yang sering digunakan dalam perhitungan struktur tabung adalah bahan yang digunakan serta diameter dan tebalnya. Tulisan ini akan membahas perancangan tabung yang akan digunakan pada roket RX 320 LAPAN tahun 2017, selain perhitungan teoritis menggunakan beban tekanan dan temperatur, dilakukan juga dengan menggunakan dua buah perangkat lunak struktur, yang menggunakan metode elemen hingga.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-71833-3-9
Uncontrolled Keywords: tekanan, panas dan tabung.
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:15
Last Modified: 18 Jul 2022 08:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11377

Actions (login required)

View Item
View Item