Perhitungan Gaya Dorong Pesawat N219 Dengan Menggunakan Pemodelan Matematik Dari Data Engine Deck Pesawat N219

Achmad Budi Utomo and Derajat and Aman Qomara (2017) Perhitungan Gaya Dorong Pesawat N219 Dengan Menggunakan Pemodelan Matematik Dari Data Engine Deck Pesawat N219. Prosiding SIPTEKGAN XXI-2017 Seminar Nasional Iptek Penerbangan & Antariksa XXI Tahun 2017. pp. 382-389. ISSN 978-602-71833-3-9

[thumbnail of Prosiding_Achmad Budi_PT DI_2017.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Achmad Budi_PT DI_2017.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Gaya dorong atau thrust sangat berpengaruh terhadap kinerja pesawat. Pada beberapa pengujian, penentuan gaya dorong untuk tiap kondisi terbang sangat diperlukan untuk perhitungan data uji terbang. Sering kali data thrust yang diperlukan secara cepat dan akurat untuk melihat kemampuan pesawat pada manuver tertentu seperti pada kondisi cruise, climb dan take off. Penentuan gaya dorong dapat dilakukan dalam beberapa cara baik dengan pengukuran langsung, menggunakan data dari engine manufaktur (engine deck) atau dengan melakukan pemodelan dari sistem propulsi. Pada makalah ini dijelaskan perhitungan gaya dorong N219 dengan membuat model matematika dari data engine dan propeler manufaktur (engine deck). Model matematik untuk thrust N219 dikembangkan berdasarkan pada pemodelan engine thrust pada pesawat sebelumnya dengan parameter engine yang telah disesuaikan. Model gaya dorong yang dibuat saat ini masih dalam tahap pengembangan dan perlu dilakukan validasi agar dapat digunakan untuk keperluan pengujian N219.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gaya dorong, engine deck, total thrust
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:12
Last Modified: 18 Jul 2022 08:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11364

Actions (login required)

View Item
View Item