Muhammad Fajar and Ony Arifianto (2017) Perancangan Autopilot Lateral-Direksional Pesawat Nirawak LSU-05. Jurnal Teknologi Dirgantara, 15 (2). pp. 93-103. ISSN 1412-8063
Jurnal TD_Muhammad_Pustekbang_2017.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Autopilot pada pesawat dikembangkan berdasarkan pada modus gerak pesawat yaitu modus gerak longitudinal dan lateral-directional. Pada makalah ini, dirancang autopilot pada modus gerak lateral-directional untuk pesawat LSU-05. Autopilot dirancang pada range kecepatan operasi pesawat yaitu 15 m/dtk, 20 m/dtk, 25 m/dtk, dan 30 m/dtk dengan ketinggian 1000 m. Autopilot yang dirancang adalah Roll Attitude Hold, Heading Hold dan Waypoint Following. Autopilot dirancang berdasarkan model linier dalam bentuk state-space. Pengendali yang digunakan adalah pengendali Proportional-Integral-Derivative (PID). Hasil simulasi menunjukan nilai overshoot/undershoot tidak melebihi 5% dan settling time kurang dari 30 detik jika diberikan perintah step.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lateral-directional, autopilot, PID |
Subjects: | Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika |
Divisions: | LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan |
Depositing User: | Administrator Repository |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 04:28 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 08:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/11346 |