Perancangan Autopilot Lateral-Direksional Pesawat Nirawak LSU-05

Muhammad Fajar and Ony Arifianto (2017) Perancangan Autopilot Lateral-Direksional Pesawat Nirawak LSU-05. Jurnal Teknologi Dirgantara, 15 (2). pp. 93-103. ISSN 1412-8063

[thumbnail of Jurnal TD_Muhammad_Pustekbang_2017.pdf]
Preview
Text
Jurnal TD_Muhammad_Pustekbang_2017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Autopilot pada pesawat dikembangkan berdasarkan pada modus gerak pesawat yaitu modus gerak longitudinal dan lateral-directional. Pada makalah ini, dirancang autopilot pada modus gerak lateral-directional untuk pesawat LSU-05. Autopilot dirancang pada range kecepatan operasi pesawat yaitu 15 m/dtk, 20 m/dtk, 25 m/dtk, dan 30 m/dtk dengan ketinggian 1000 m. Autopilot yang dirancang adalah Roll Attitude Hold, Heading Hold dan Waypoint Following. Autopilot dirancang berdasarkan model linier dalam bentuk state-space. Pengendali yang digunakan adalah pengendali Proportional-Integral-Derivative (PID). Hasil simulasi menunjukan nilai overshoot/undershoot tidak melebihi 5% dan settling time kurang dari 30 detik jika diberikan perintah step.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lateral-directional, autopilot, PID
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 09 Aug 2021 04:28
Last Modified: 18 Jul 2022 08:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11346

Actions (login required)

View Item
View Item