Studi Perbandingan Kualitas Informasi Penginderaan Jauh Udara berdasarkan Sistem Akuisisi Data Manual dan Autopilot pada LAPAN Surveillance Aircraft

Galdita Aruba Chulafak and Dony Kushardono (2016) Studi Perbandingan Kualitas Informasi Penginderaan Jauh Udara berdasarkan Sistem Akuisisi Data Manual dan Autopilot pada LAPAN Surveillance Aircraft. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2016. pp. 11-21.

[thumbnail of Prosiding_Galdita Aruba Chulafak dkk_Pusfatja_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Galdita Aruba Chulafak dkk_Pusfatja_2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aircraft (LSA) merupakan pesawat yang dimiliki oleh Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN yang mempunyai fungsi untuk pengamatan. Pengamatan yang pernah dilakukan LSA adalah mengenai pengamatan wilayah pesisir, perkotaan, dan lahan pertanian. LSA membawa muatan berupa kamera Tetracam yang mempunyai tiga kanal (merah, hijau, dan inframerah dekat) dan telah dilakukan dua kali terbang. Pengamatan pertama dilakukan pada tahun 2014 dengan sistem kontrol autopilot dan pengamatan kedua dilakukan pada tahun 2015 dengan sistem kontrol manual.
Dalam kedua pengamatan tersebut terjadi perbedaan di mana pada mode autopilot pesawat dalam kondisi stabil dan
pada mode manual pesawat dalam kondisi kurang stabil dikarenakan pengendalian oleh pilot. Tujuan dari penelitian ini adalahmembandingkan kualitas informasi hasil akuisisi terbang pada sistem kontrol manual dengan autopilot dalam segi geometrik dan radiometrik. Pada penelitian dapatdisimpulkan bahwa terdapat perbedaan kualitas informasi dalam segi geometrikantara kedua sistem kontrol karena adanya foto-foto oblique yang cukup banyak pada kontrol manual akan tetapi tidak pada sistem autopilot namun pada segi radiometrik tidak terlalu terjadi banyak perbedaan kualitas informasi.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-99-3
Uncontrolled Keywords: LSA, penginderaan jauh udara, sistem kontrol autopilot, sistem kontrol manual, geometrik, radiometrik
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Pengoperasian Satelit
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Pengujian > Teknologi Aeronautika
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 25 Feb 2021 14:21
Last Modified: 20 Jul 2022 07:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item
View Item