Koreksi Atmosfer Citra SPOT-6 Menggunakan Metode MODTRAN4

Liana Fibriawati (2016) Koreksi Atmosfer Citra SPOT-6 Menggunakan Metode MODTRAN4. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2016. pp. 98-104.

[thumbnail of Prosiding_Liana Fibriawati_Pustekdata_2016.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Liana Fibriawati_Pustekdata_2016.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Nilai reflektansi sangat penting dalam proses klasifikasi objek citra digital yang penyimpangannya menyebabkan kesalahan dalam interpretasi citra. Hal inidisebabkan oleh penyerapan, hamburan, dan pantulan atmosfer yang menyebabkan perbedaan nilai reflektansi citra satelit dan objek sebenarnya. Pada penelitian ini dilakukan koreksi atmosfer dengan metode MODTRAN4 pada citra SPOT-6 level ortho untuk menghilangkan pengaruh atmosfer pada citra, sehingga nilai reflektansi citra sesuai dengan nilai reflektansi objek sebenarnya di permukaan bumi. Hasil koreksi atmosfer dianalisis visual dan dibandingkan pola reflektansi citra. Hasil penelitian ini menunjukkan adanyaperbaikan pola reflektansi pada objek vegetasi, lahan terbuka,dan air sungai pada citra SPOT-6 seperti referensi reflektansi NASA. Penelitian ini menunjukkan metode MODTRAN4 sebagai salah satu metode yang sesuai untuk melakukan koreksi atmosfer pada citra SPOT-6.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-99-3
Uncontrolled Keywords: Atmosfer, SPOT-6, MODTRAN4
Subjects:
Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Koreksi Radiometrik
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 26 Feb 2021 13:52
Last Modified: 20 Jul 2022 02:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11232

Actions (login required)

View Item
View Item