Otomatisasi Sistem Pengolahan Data Satelit NOAA 18/19 dan METOP A/B di Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare

Agus Suprijanto and Sutan Takdir Ali Munawar and Ardiansyah (2016) Otomatisasi Sistem Pengolahan Data Satelit NOAA 18/19 dan METOP A/B di Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2016. pp. 81-91.

[thumbnail of 2Prosiding_Agus Suprijanto_stas bumi Parepare_2016-81-91.pdf]
Preview
Text
2Prosiding_Agus Suprijanto_stas bumi Parepare_2016-81-91.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebakaran hutan memainkan peran penting dalam emisi gas rumah kaca dan aerosol mempengaruhi keseimbangan radiasi terhadap perubahan tutupan lahan. Emisi dari pembakaran biomassa berkontribusi signifikan terhadap kuantitas Carbon Diokside (CO2) di atmosfer yang utama terhadap perubahan iklim dan lingkungan global. Pemantauan meteorologi dan lingkungan dapat menggunakan citra Satelit NOAA dan METOP. Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare dapat menyediakan data AVHRR dari Satelit NOAA dan Satelit METOP untuk wilayah Indonesia. Saat ini, Metode konvensional untuk pengolahan data Satelit NOAA dan METOP di Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare tidak efisien dan memakan waktu, sehingga tidak mampu memproses data secara real time. Jadi, untuk mengatasi kelemahan metode konvensional ini, otomatisasi pengolahan adalah pilihan yang lebih baik untuk pengolahan data NOAA dan data METOP karena dapat mengurangi waktu proses dan real-time. Makalah ini menyajikan metode otomatisasi untuk pengolahan data NOAA dan METOP dari raw data ke level 2 menggunakan software ATOVS and AVHRR Pre-processing Package (AAPP) dan International ATOVS Processing Package (IAPP).

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-99-3
Uncontrolled Keywords: Pengolahan, data, satelit, NOAA, METOP
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Pengoperasian Stasiun Bumi
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 25 Feb 2021 13:52
Last Modified: 19 Jul 2022 03:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item
View Item