Koreksi Atmosfer Citra Landsat-7 Menggunakan Modul ENVI FLAASH

Fadila Muchsin (2015) Koreksi Atmosfer Citra Landsat-7 Menggunakan Modul ENVI FLAASH. Prosiding Seminar Nasional Sains Atmosfer. pp. 70-75.

[thumbnail of Prosiding_Fadila  Muchsin_Pustekdata_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Fadila Muchsin_Pustekdata_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Citra Landsat-7 banyak digunakan untuk memperoleh informasi permukaan bumi melalui analisis kuantitatif nilai digital atau nilai pantulan objek pada citra.Namun pengaruh atmosfer seperti hamburan dan serapan dari partikel uap air dan aerosol khususnya pada kanal visible menyebabkan nilai pantulan tidak sesuai dengan nilai sebenarnya. Berbagai cara telah dilakukan untuk menghilangkan pengaruh atmosfer melalui koreksi atmosfer. Salah satunya dengan menggunakan modul FLAASH yang dipasang pada perangkat lunak Envi. Metode yang diterapkan pada modul FLAASH didasari pada model MODTRAN4.1 MODTRAN4 dapat menurunkan informasi uap air dan aerosol langsung dari citra menggunakan sudut pandang sensor dan sudut matahari serta rata-rata ketinggian permukaan yang dapat diperoleh dari file metadata citra dan rata-rata ketinggian dari data Digital Elevation Model (DEM) maupun sumber lainnya.2 Koreksi atmosfer menggunakan modul FLAASH pada citra Landsat-7 wilayah Jakarta dengan pengaturan parameter menggunakan model urban dan maritim diperoleh nilai visibility lebih tinggi pada model urban sehingga citra nampak lebih cerah pada model urban. Secara umum pengaruh atmosfer Ichugusnya pada kanal-kanal visible dapat dihilangkan sehingga pola spektral objek sesuai dengan pola yang sebenarnya mengacu kepada pola spektral data Landsat dan memiliki kemiripan dengan hasil koreksi atmosfer menggunakan sistem LEDAPS terutama menggunakan model urban.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-96-2
Uncontrolled Keywords: Landsat-7, koreksi atmosfer, ENVI FLAASH
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Teknologi Pengamatan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 17 May 2022 01:43
Last Modified: 20 Jul 2022 03:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11152

Actions (login required)

View Item
View Item