Analisis Beban Emisi Polutan di Kota Besar dari Konsumsi BBM (Studi Kasus Kota Jakarta & Surabaya)

Dessy Gusnita (2015) Analisis Beban Emisi Polutan di Kota Besar dari Konsumsi BBM (Studi Kasus Kota Jakarta & Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Sains Atmosfer. pp. 53-60.

[thumbnail of Prosiding_Dessy Gusnita_PSTA_2015.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Dessy Gusnita_PSTA_2015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya kegiatan industri dan transportasi telah menjadi permasalahan tersendiri bagi kualitas udara di kota Jakarta. Masalah pencemaran udara pada sektor transportasi menjadi lebih dominan, sehingga perlu mendapat perhatian yang serius. Pencemaran udara pada sektor transportasi dipengaruhi oleh karakteristik sumber emisi yaitu transportasi kota, begitu pula kegiatan yang bersumber dan industry memberikan pengaruh besar terhadap polusi di perkotaan. Makalah ini bertujuan untuk mengestimasi emisi gas CO, NOx, TSP dan SO2 yang dihasilkan dan konsumsi BBM di Kota Jakarta dan Surabaya pada tahun 2012 dan 2013. Metode estimasi emisi didasarkan pada perhitungan sederhana berdasarkan konsumsi premium dan solar di Kota Jakarta dan Surabaya. Data Pertamina menunjukkan bahwa konsumsi BBM di Kota Jakarta menunjukkan jumlah yang lebih tinggi dibanding Kota Surabaya. Konsumsi bahan bakar premium terbesar di Jakarta Timur, sehingga jumlah beban emisi pencemar CO, NOx, dan TSP di daerah ini lebih besar dibandingkan wilayah lainnya. Konsumsi bahan bakar solar terbesar di Kodya Jakarta Utara, sehingga daerah tersebut cukup rentan terhadap emisi dan pencemar SO2. CO yang dihasilkan dan konsumsi solar tertinggi berada di wilayah Jakarta Utara. Hal ini diduga berasal dan sumber industri yang banyak terdapat di wilayah Jakarta Utara. Di wilayah Surabaya emisi polutan tertinggi diemisikan oleh CO sebesar 2 x 105 ton/tahun.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-96-2
Uncontrolled Keywords: emisi, premium, solar, Jakarta, Surabaya
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 17 May 2022 01:13
Last Modified: 18 Jul 2022 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/11145

Actions (login required)

View Item
View Item