Pengembangan Metoda Koreksi Radiometrik Citra Spot 4 Multi-Spektral dan Multi-Temporal untuk Mosaik Citra

Kustiyo and Ratih Dewanti Dimyati and Inggit Lolita Sari (2014) Pengembangan Metoda Koreksi Radiometrik Citra Spot 4 Multi-Spektral dan Multi-Temporal untuk Mosaik Citra. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2014. pp. 79-87.

[thumbnail of Prosiding_Kustiyo_Pustekdata_2014.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Kustiyo_Pustekdata_2014.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji metoda koreksi radiometrik data SPOT-4 sehingga setiap obyek tutupan lahan yang sama pada citra SPOT 4 akan mempunyai nilai reflektansi yang sama. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan koreksi radiometrik dengan menggunakan pendekatan Top Of Atmosphere correction (TOA), sedangkan pada penelitian ini mengembangkan metoda TOA tersebut dengan menambahkan pengaruh sudut perekaman (viewing angle) satelit dari citra SPOT 4 multitemporal terhadap nilai reflektansi obyek. Data yang digunakan adalah 250 scene citra SPOT 4 wilayah Kalimantan Tengah perekaman tahun 2006 sampai tahun 2012 dengan berbagai sudut perekaman. Koreksi radiometrik pada penelitian ini meliputi dua tahap, pertama dilakukan koreksi radiometrik menggunakan koreksi radiometrik TOA berdasarkan parameter posisi matahari, selanjutnya dilakukan koreksi radiometrik berdasarkan sudut perekaman satelit dengan menggunakan fungsi linier antara reflektansi hasil koreksi TOA dengan sudut perekaman satelit. Koefisien gain dan offset dari fungsi linier tersebut ditentukan menggunakan teknik iterasi dengan target meminimalkan standar deviasi untuk reflektansi obyek hutan dari area yang dipilih. Evaluasi hasil dilakukan dengan membandingkan standar deviasi reflektansi obyek hutan dari area yang dipilih antara hasil koreksi radiometri koreksi TOA, dengan hasil koreksi radiometrik menggunakan metoda dua tahap yang dikembangkan. Standar deviasi nilai digital obyek hutan hasil penelitian untuk kanal 1, kanal 3, dan kanal 4 berturut turut adalah 8.6, 16.5, dan 16.8. Nilai standar deviasi ini lebih kecil dibandingkan dengan standar deviasi obyek hutan dari hasil koreksi radiometrik TOA yaitu sebesar 15.0, 28,3 dan 34.7 untuk kanal 1, kanal 3 dan kanal 4. Mengecilnya nilai standar deviasi obyek hutan dapat dilihat dari kenampakan obyek hutan yang lebih seragam atau mirip pada tampilan citra secara visual.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-77-1
Uncontrolled Keywords: Koreksi radiometrik, Reflektansi, Sudut perekaman
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Koreksi Radiometrik
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 03 Dec 2021 04:51
Last Modified: 20 Jul 2022 03:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10899

Actions (login required)

View Item
View Item