Pemetaan Suhu Permukaan Laut dari Satelit di Perairan Indonesia untuk Mendukung “One Map Policy”

Jonson Lumban Gaol and Risti Endriyani Arhatin and Marisa Mei Ling (2014) Pemetaan Suhu Permukaan Laut dari Satelit di Perairan Indonesia untuk Mendukung “One Map Policy”. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2014. pp. 433-442.

[thumbnail of Prosiding_Jonson Lumban Gaol _IPB_2014.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Jonson Lumban Gaol _IPB_2014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sejak tahun 80-an telah tersedia data Suhu Permukaan Laut (SPL) dari satelit baik secara temporal maupun spasial sehingga dapat memberikan informasi dinamika SPL di dunia termasuk di perairan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah memetakan dan menganalisis variasi spasial dan temporal SPL di perairan Indonesia. Data yang digunakan adalah data estimasi SPL dari sensor satelit NOAA-AVHRR dan MODIS-aqua mulai dari tahun 1993 hingga 2013 dan juga data in situ dari World Ocean Data base. Data SPL bulanan dihasilkan dari rata-rata data SPL selama 10 tahun. Analisis spektrum densitas energi dilakukan untuk mengetahui variabilitas temporal SPL di perairan Indonesia. Hasil studi ini menunjukkan bahwa akurasi pengukuran SPL dari citra satelit di perairan Indonesia bekisar dari 70- 90 %. Secara spasial dan temporal variasi SPL di perairan Indonesia dipengaruhi oleh angin musim dan perubahan iklim seperti Indian Ocean Dipole (IOD) dan El Nino. Pembuatan peta SPL di Indonesian perlu mempertimbangkan variasi temporal SPL.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-77-1
Uncontrolled Keywords: El Nino, Indonesia, musim, satelit, suhu permukaan laut
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:44
Last Modified: 18 Jul 2022 07:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10896

Actions (login required)

View Item
View Item