Sauman B (2012) Desain Struktur Nosel untuk Roket 2 Tingkat RX 200. Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 223-230.
Prosiding_Sauman_Pustekroket_2012.pdf
Download (288kB) | Preview
Abstract
Desain struktur nosel sebuah roket sangat penting untuk menjamin kehandalan sebuah roket sewaktu meluncur, nosel berfungsi sebagai pendorong roket sehingga harus handal dalam operasinya. Dalam pelaksanaan perancangan motor roket kendali kaliber 200 mm, dibutuhkan Thrust History atau profil gaya dorong yang cukup sepesifik yaitu dua profil gaya dorong sebagai booster dan sustainer, oleh karena itu dalam perancangannya motor roket yang dibuat terdiri dari dua motor yang berbeda karena profil gaya dorong yang diharapkan juga berbeda. Dalam kesempatan ini dilakukan analisis struktur nosel untuk motor booster dengan propfil gaya dorongnya netral dengan lama pembakaran kisaran 3 hingga 4 detik, sedangkan motor sustainer sebaiknya menggunakan konfigurasi cigarette burning (pembakaran ujung) dengan harapan mempunyai gaya dorong relatif kecil dan stabil sehingga mudah dalam pengontrolannya dengan waktu bakar yang relatif lama kisarannya 20 hingga 30 detik.
Desain model boster dan sustainer dimaksud diharapkan seluruh throuth konturnya menggunakan grafit semua. Dari ujung sampai ujung atau dari sisi masuk sampai keluar Dari simulasi yang dilakukan bahwa nosel dengan countore throuth yang dirancang aman dalam operasinya. Bahwa terperatur pembakaranpropelan pada grafite diabaikan
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | ISBN 978-979-1458-60-3 |
Uncontrolled Keywords: | Roket, Nosel,RX 200 |
Subjects: | Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Perancangan dan Prototipe > Teknologi Roket > Material dan Struktur |
Divisions: | LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket |
Depositing User: | Administrator Repository |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 04:41 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:17 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/10767 |