Implementasi 3D Game Engine Sebagai Visualisasi Sistem Navigasi 6-DOF Pada Roket Kendali LAPAN

Romi Wiryadinata and Wildan Yusuf and Ri Munarto and Frandi A. Kaha and Sri Kliwati (2012) Implementasi 3D Game Engine Sebagai Visualisasi Sistem Navigasi 6-DOF Pada Roket Kendali LAPAN. Jurnal Teknologi Dirgantara, 10 (2). pp. 94-104. ISSN 1412-8063

[thumbnail of Jurnal TD_Sri Kliwati_Pustekroket_2012.pdf]
Preview
Text
Jurnal TD_Sri Kliwati_Pustekroket_2012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Game engine, yang sering digunakan oleh para pengembang game, memiliki kerangka kerja perangkat lunak yang memfasilitasi pekerjaan mereka pada tugas-tugas penting seperti desain grafis atau 3D dan 2D rendering grafis. Penelitian ini menggunakan game engine yang disebut 3D state game engine untuk memvisualisasikan sistem navigasi 6-DOF. Perangkat lunak ini dikembangkan untuk memvisualisasikan rentang gerak obyek dengan membaca dan pengolahan data streaming dari sensor navigasi (accelerometers dan rate-gyroscope). Hasil pengujian menunjukkan bahwa mengembangkan perangkat lunak dapat memvisualisasikan gerakan obyek dalam animasi 3D. Software dapat menerima dan memproses data sebagai file teks yang ditransmisikan secara real-time melalui port serial. Hardware IMU dengan software dapat digunakan melalui proses kalibrasi terlebih dahulu, dan diberi filter, sehingga hasil yang lebih baik dapat diperoleh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: 3D Game Engine, Graphical User Interface, IMU, 6-DOF
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:52
Last Modified: 14 Jul 2022 19:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item
View Item