Kajian Fluxgate Magnetometer pada Satelit untuk Mengukur Kuat Medan Magnet Bumi dengan Studi Kasus Quakesat

Suhata and Zulfakar Rasyidin (2011) Kajian Fluxgate Magnetometer pada Satelit untuk Mengukur Kuat Medan Magnet Bumi dengan Studi Kasus Quakesat. Prosiding SIPTEKGAN XV-2011 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XV Tahun 2011. pp. 598-608.

[thumbnail of Prosiding_Suhata2_Pusteksat_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Suhata2_Pusteksat_2011.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Fluxgate Magnetometer merupakan salah satu instrumen misi ilmiah pada satelit dan wahana antariksa (spacecraft) yang dapat mengukur kuat medan bumi atau geomagnet yang ada di permukaan bumi pada ketinggian tertentu (posisi spatial). Berdasarkan kenyataan ini dilakukan kegiatan pengkajian, sebagai langkah awal untuk melakukan penelitian dan perekayasaan magnetometer yang ditempatkan pada satelit. Prinsip dasarnya adalah lilitan kumparan kawat yang disebut solenoida, Solenoida yang terdiri dari bahan material magnetisme (ferromagnetism), bersifat sensitif terhadap medanmagnit meskipun medan magnitnya lemah akan terdeteksi. Pada umumnya kuat medan geomagnit jauh lebih lemah dari medan magnit buatan. Sehingga dapat digunakan untuk mengukur kuat medan geomagnit. Tujuan kegiatan ini sebagai rintisan awal dalam perancangan sistem muatan misi ilmiah menggunakan fluxgate magnetometer,Output kegiatan adalah desain sistem dan kajian mengenai fluxgate magnetometer.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-51-1
Uncontrolled Keywords: Magnetometer,sensor,fluxgate,solenoida,kuat medan
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 16 Mar 2021 23:56
Last Modified: 14 Jul 2022 19:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10648

Actions (login required)

View Item
View Item