Kajian Potensi Kamera Video HDTV sebagai Muatan Satelit LAPAN-A2

Dinari Nikken Sulastrie Sirin and Musyarofah and Ahmad Maryanto (2011) Kajian Potensi Kamera Video HDTV sebagai Muatan Satelit LAPAN-A2. Prosiding SIPTEKGAN XV-2011 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XV Tahun 2011. pp. 501-511.

[thumbnail of Prosiding_Dinari Nikken_SDM_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Dinari Nikken_SDM_2011.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Telah dikaji potensi kamera video High Definition Television (HDTV) sebagai muatan satelit LAPAN-A2. Kajian ini dilakukan karena adanya rencana LAPAN untuk mengganti kamera video biasa – yang merupakan muatan utama satelit LAPAN-A1 (LAPAN-TUBSAT) – dengan kamera video definisi tinggi (kamera video untuk HDTV) pada misi satelit (LAPAN-A2) berikutnya. Kajian diperoleh melalui studi literatur mengenai karakteristik kamera video HDTV dan satelit LAPAN-TUBSAT. Hasil dari studi literatur tersebut dianalisis untuk melihat peluang atau kemungkinan dipasangnya kamera video HDTV sebagai muatan utama pada satelit LAPAN-A2. Paper ini ditulis dengan maksud untuk memberikan saran atau rekomendasi terhadap pengembangan muatan satelit di LAPAN, khususnya untuk muatan satelit LAPAN-A2. Dari analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa meskipun digital, kamera HDTV tetaplah kamera video yang dirancang hanya untuk keperluan visual/mata, bukan untuk penginderaan lengkap.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-51-1
Uncontrolled Keywords: kamera video, HDTV, muatan satelit, LAPAN-A2
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit > Pengolahan Data Penginderaan Jauh > Data Video
Divisions: LAPAN > Sekretaris Utama LAPAN > Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Hukum
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 16 Mar 2021 00:23
Last Modified: 19 Jul 2022 04:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10623

Actions (login required)

View Item
View Item