Pengaruh Penambahan Zirkonium Silikat Terhadap Sifat Mekanik Liner HTPB

Aprilia Erryan and Geni Rosita (2011) Pengaruh Penambahan Zirkonium Silikat Terhadap Sifat Mekanik Liner HTPB. Prosiding SIPTEKGAN XV-2011 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XV Tahun 2011. pp. 27-35.

[thumbnail of Prosiding_Aprilia Erryani_Pustekroket_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Aprilia Erryani_Pustekroket_2011.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Liner adalah material elanstomer yang digunakan sebagai perekat dan insolator atau pelapis pelindung panas antara propelan dan tabung roket. Material liner yang cocok digunakan pada motor roket adalah komponen liner yang hampir sama dengan propelan agar propelan dapat merekat kuat pada liner. Komposisi liner yang digunakan pada penelitian ini adalah Hydroxyl-terminated polybutadiene (HTPB) sebagai resin polimer dan Toluene Diisosianat (TDI) sebagai curing agennya. Perbandingan komposisi HTPB dan TDI yang digunakan adalah 12:1. Untuk meningkatkan sifat liner maka ditambahkan filler yang berperan penting sebagai material insulator. Pada penelitian ini filler yang digunakan adalah zirkonium Silikat (ZrSiO4). Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penambahan filler ZrSiO4 pada material liner roket propelan padat dengan komposisi filler 10% dan 5% berat variasi partikel 40, 100 dan 170 mesh. Sifat liner yang diuji adalah sifat mekanik, termal, densitas dan viskositas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan filler ZrSiO4 dapat meningkatkan sifat mekanik liner.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-51-1
Uncontrolled Keywords: komposisi liner, propelan
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 26 Feb 2021 01:21
Last Modified: 14 Jul 2022 19:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item
View Item