Perancangan Struktur Muatan Roket RX 420 LAPAN Akibat Pengaruh Getaran

Agus Budi Djatmiko (2011) Perancangan Struktur Muatan Roket RX 420 LAPAN Akibat Pengaruh Getaran. Prosiding SIPTEKGAN XV-2011 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XV Tahun 2011. pp. 1-10.

[thumbnail of Prosiding_Agus Budi_Pustekroket_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Agus Budi_Pustekroket_2011.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Akibat gaya dorong yang diberikan pada roket selama penerbangan, muatan akan mengalami getaran gaya paksa. Untuk masalah getaran, salah satu perhatian utama adalah objek yang akan dipaksa bergetar pada frekuensi yang sama pada obyek frekuensi natural.. Dalam situasi ini, respon obyek bisa menjadi ekstrim (biasanya melalui perpindahan fisik), dan kerusakan dapat terjadi ke objek. Setiap benda yang mempunyai massa dan elastisitas mempunyai potensi untuk bergetar, Oleh karena itu setiap struktur rekayasa seperti halnya pada struktur muatan roket mempunyai massa dan elastisitas, maka struktur tersebut mempunyai potensi untuk menimbulkan getaran. Dalam perancangannya struktur muatan roket tidak boleh bekerja pada frequensi natural-nya karena dapat menyebabkan muatan bergetar dengan amplitudo besar atau resonansi. Untuk itu perlu dirancang besarnya frequensi natural struktur muatan roket akibat pengaruh getaran yang terjadi. Salah satu pendekatannya yaitu melakukan studi lengkap terhadap persamaan gerakan sistim yang ditinjau. mula-mula sistim diidealisasi dan disederhanakan dengan terminologi massa dan pegas yang berturut turut menyatakan benda dan elastisitas. Kemudian persamaan gerakan menyatakan sebagai fungsi waktu atau akan memberikan jarak kedudukan massa sesaat selama gerakannya dan kedudukan keseimbangannya. Hasil perancangan terhadap frequensi struktur muatan roket RX 420 LAPAN didapat besarnya frequensi natural arah melintang adalah 5949 Hz dan frequensi natural arah axial adalah 19114 Hz. sedangkan frequensi yang bekerja pada pada roket akibat gaya dorong menurut AKPV Engineering University of Wyoming sebesar 5 s/d 2000 Hz, maka struktur muatan roket sangat aman terhadap gangguan karena frequensi yang terjadi lebih kecil dari frequensi natural.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-51-1
Uncontrolled Keywords: getaran pada muatan, frequensi natural
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: LAPAN > Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 25 Feb 2021 05:21
Last Modified: 14 Jul 2022 19:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10613

Actions (login required)

View Item
View Item