PENGELOLAAN PENGETAHUAN EKSPLISIT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI BATAN

Prasetyo, Budi and Yusuf, Anggiana Rohandi (2018) PENGELOLAAN PENGETAHUAN EKSPLISIT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI BATAN. In: SEMINAR NASIONAL SDM TEKNOLOGI NUKLIR YOGYARTA, 20 AGUSTUS 2018, Yogyakarta.

[thumbnail of Cover Prosiding.pdf]
Preview
Image
Cover Prosiding.pdf - Cover Image

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Artikel.pdf]
Preview
Text
Artikel.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan bidang nuklir yang dihasilkan oleh para pelaku litbang BATAN yang dipublikasikan di berbagai media maupun yang tidak dipublikasikan, merupakan pengetahuan eksplisit yang harus dikelola secara efektif dan efisien. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan transfer pengetahuan dalam upaya proses penciptaan pengetahuan baru di bidang nuklir. Langkah ini juga dimaksudkan sebagai upaya mendiseminasikan iptek nuklir ke masyarakat luas. Pengelolaan pengetahuan yang baik juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja organisasi melalui jumlah publikasi yang dihasilkan. Metode pengelolaan
pengetahuan yang digunakan adalah pemanfaatan aplikasi teknologi informasi untuk mengintegrasikan pengetahuan eksplisit yang ada di seluruh unit kerja dengan disertai prosedur pengelolaan oleh pengguna (unit kerja). Di tingkat BATAN, pengelolaan pengetahuan eksplisit ditangani dengan menyediaan portal knowledge management yang akan menjadi gerbang tunggal untuk mencari pengetahuan eksplisit bidang nuklir dengan pengelompokan pengetahuan sesuai dengan taksonomi kompetensi BATAN. Unit kerja di BATAN sebagai sumber pengetahuan, memperbaharui konten dari portal sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Pengguna (pegawai BATAN) memanfaatkan portal pengetahuan untuk meningkatkan kompetensinya dalam upaya penciptaan pengetahuan baru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Manajemen > Aset > Pengetahuan
Taksonomi BATAN > Manajemen > Aset > Pengetahuan
Divisions: BATAN > Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 25 Mar 2021 08:13
Last Modified: 02 Jun 2022 03:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10324

Actions (login required)

View Item
View Item