IDENTIFIKASI TINGKAT KEKASARAN PERMUKAAN PADA HASIL PROSES MESIN VERTICAL MILLING BERBASIS CITRA MIKROSKOPIS

Anindya Ayu Novitasari, AAN (2020) IDENTIFIKASI TINGKAT KEKASARAN PERMUKAAN PADA HASIL PROSES MESIN VERTICAL MILLING BERBASIS CITRA MIKROSKOPIS. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir - BATAN.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses permesinan adalah proses yang paling banyak dilakukan untuk menghasilkan suatu produk jadi yang berbahan baku logam. Hampir semua proses pembuatan produk 60%- 80% dilakukan menggunakan mesin. Dalam menentukan kualitas produk salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam standart keakuratan adalah tingkat kekasaran permukaan logam dari hasil proses pemesinan tersebut. Teknologi pengukuran tingkat kekasaran permukaan logam telah berkembang saat ini, salah satunya menggunakan metode non-kontak dengan mikroskop. Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi tingkat kekasaran permukaan logam pada hasil proses mesin vertical milling berbasis citra mikroskopis dengan metode pengolahan citra dan klasifikasi jaringan syaraf tiruan. Citra digital mikroskopis akan diproses dengan tahapan pengolahan citra yang meliputi tahapan preprocessing dan tahapan ekstraksi ciri menggunakan metode Gray Level Cooccurrences Matrix (GLCM). Setelah itu dilakukan klasifikasi menggunakan algoritma klasifikasi jaringan syaraf tiruan untuk mengidentifikasi tingkat kekasaran hasil proses mesin vertical milling. Hasil dari pengujian sistem tingkat kekasaran didapatkan nilai akurasi tertinggi metode Gray Level Co-occurrences Matrix (GLCM) sebesar 74,4%.
Kata kunci : Vertical milling, Tingkat kekasaran, Citra mikroskopis, GLCM, Jaringan syaraf tiruan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Taksonomi BATAN > Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir > Teknologi Proses Fasilitas Nuklir > Proses Non Nuklir
Taksonomi BATAN > Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir > Teknologi Proses Fasilitas Nuklir > Proses Non Nuklir
Divisions: BATAN > Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
IPTEK > BATAN > Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:20
Last Modified: 31 May 2022 04:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/10175

Actions (login required)

View Item
View Item