Tingkat Kepuasaan Pegawai Kantor Pusat BATAN terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

Setyomumpuni, Widiati Retnaningrum (2017) Tingkat Kepuasaan Pegawai Kantor Pusat BATAN terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut. Manual. Biro Umum, Jakarta.

[thumbnail of MAKALAH_dr. RETNANINGRUM WS_BU_2017.pdf]
Preview
Text
MAKALAH_dr. RETNANINGRUM WS_BU_2017.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Hasil studi morbiditas pada survei kesehatan nasional tahun 2001, masalah kesehatan gigi dan mulut termasuk dalam kelompok 10 penyakit terbanyak di Indonesia (60%). Kesadaran untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut dsecara teratur pada pusat layanan kesehatan gigi dan mulutdan kualitas pelayanan yang belum optimal menjadi faktor penyebab.
Klinik Kantor Pusat BATAN disediakan sebagai pusat pelayanan kesehatan pegawai kantor pusat BATAN, termasuk pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Dalam menerima pelayanan yang diberikan seringkali terdapat perbedaan/kesenjangan antara harapan pelayanan yang diterima dengan kenyataan yang didapat. Beberapa faktor menjadi penyebabbnya.
Untuk mengetahui tingkat kepuasan pegawai kantor pusat BATAN terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang diterima, maka dilakukan penelitian tingkat kepuasan pelayanan dengan mengumpulkan data melalui pengisian kuesioner yang dibagikan pada para responden. Sampel yang diambil adalah sebagian pegawai yang pernah mendapat layanan kesehatan gigi dan mulut.
Berdasarkan penghitungan, indeks kepuasan harapan responden sebesar 4.4 sedangkan kenyataannya sebesar 3,8 dengan perbedaan antara harapan dan kenyataan sebesar 0,6. Idealnya adalah tidak terdapat perbedaan antara harapan dengan kenyataan. Faktor yang menyebabkan perbedaan cukup tinggi adalah fasilitas layanan dan petugas pemberi layanan.
Sehingga perlu diperhatikan fasilitas-fasilitas pendukung pelayanan dan petugas pemberi pelayanan, dalam hal kecepatan, ketepatan dan kecakapannya.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Taksonomi BATAN > Manajemen > Organisasi dan Tata Laksana > Organisasi
Taksonomi BATAN > Manajemen > Organisasi dan Tata Laksana > Organisasi
Divisions: BATAN > Biro Umum
IPTEK > BATAN > Biro Umum
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 20 Jun 2019 00:57
Last Modified: 31 May 2022 04:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item
View Item