KAJIAN PENYEBAB KERUSAKAN MOTOR KATUP PADA SISTEM VENTILASI DI REAKTOR RSG-GAS
DOI: http://dx.doi.org/10.17146/bprn.2012.v9i2.286
Sari
ABSTRACT
ASSESSMENT OF A VALVE MOTOR FAILURE AT THE GA SIWABESSY REACTOR VENTILATIONSYSTEM. It has already been done an assessment of valve motor failure at the ventilation system of RSG-GAS. Method of the assessment used are measurement and calculation of unbalanced motor voltage and motor current. Result of the measurement of imfedance resistance between two phasa wires are U1-V1 = ∞ Ω ; V1-W1 = 273,5 Ω and U1 - W1 = ∞ Ω. Resistance of cable insulation are U-G = 1050 MΩ; V-G = 950 MΩ; W-G = 1000 MΩ and N-G = 1000 MΩ. Meanwhile, calculation of unbalanced voltage between two-phase of wires is 0,516% and motor current is 1,31 A. It can concluded that cause of motor valve failure was not unbalance of voltage and current of the valve motor but it was caused by an increase of current at coil of motor valve from normal condition of 0,35 A to 1,31 A. This situation causing resistance of coil insulation receive exceeding heat more than its limiting value.
Keyword : Motor valve. ventilation system
KAJIAN PENYEBAB KERUSAKAN MOTOR KATUP PADA SISTEM VENTILASI DI REAKTOR RSG-GAS. Telah dilakukan kajian penyebab kerusakan motor katup pada sistem ventilasi RSG-GAS. Metoda kajian adalah dengan cara megukur dan menghitung ketidak seimbangan tegangan motor dan arus motor. Diperoleh hasil pengukuran tahanan impendansi pada kawat antar phasa U1-V1 = ∞Ω; V1-W1 =273,5 Ω dan U1 - W1 = ∞ Ω, tahanan isolasi kabel antara phasa ke ground, diperoleh sebesar U-G = 1050 MΩ; V-G = 950 MΩ, W-G = 1000 MΩ dan N-G = 1000 MΩ. Sedangkan hasil perhitungan ketidakseimbangan tegangan antar phasa motor adalah 0.516 % dan arus motor 1.31 A. Dapat disimpulkan bahwa penyebab kerusakan motor bukan berasal dari ketidak seimbangan karena nilai persentase perhitungasn masih di bawah 1% dari nilai yang direkomendasikan oleh NEMA. Penyebab kerusakan katup adalah adanya kenaikan arus pada kumparan motor katup dari kondisi normal 0,35 A menjadi 1.31 A, mengakibatkan tahanan isolasi kumparan tidak mampu menerima panas yang berlebih sehingga menyebabkan motor katup rusak (terjadi hubungan singkat).
Kata kunci: Motor katup, Sistem ventilasi
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.