Desain produk meja belajar lesehan ergonomis dengan menggunakan data antropometri di MDTA Miftahul Huda Tasikmalaya

Salim, Salim and Ajeng, Sabarini Muslimah and Enong, Siti Komariah (2022) Desain produk meja belajar lesehan ergonomis dengan menggunakan data antropometri di MDTA Miftahul Huda Tasikmalaya. Cipasung Techno Pesantren: Jurnal Ilmiah, 16 (2): 5. pp. 48-62. ISSN 1978-0842

[thumbnail of 1978-0842_16_2_2022-5.pdf]
Preview
Text
1978-0842_16_2_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meja merupakan salah satu media sebagai fasilitas perantara untuk membantu proses pembelajaran murid di sekolah dan menjadi salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan di setiap sekolah yang ada di Indonesia. Berdasarkan obervasi di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Miftahul Huda Tasikmalaya, bahwa terdapat sekitar 65% anak-anak mengeluhkan bahwa mereka merasakan sakit pada bagian punggung dan leher karena duduk membungkuk pada saat pembelajaran berlangsung, dengan tidak memakai meja belajar. Maka dari itu, dilakukan penelitian mengenai bagaimana desain produk meja belajar lesehan yang ergonomis berdasarkan dimensi antropometri tubuh anak di MDTA Miftahul Huda. Hasil dari penelitian dan pengolahan data dimensi tubuh anak dibuat desain meja belajar lesehan dengan metode Ergonomi Desain Proces yang akan membantu lembaga terkait untuk membuat desain meja belajar lesehan ergonomis untuk anak MDTA Miftahul Huda dan sekolah sejenis di Tasikmalaya agar kegiatan pembelajaran nyaman dilakukan oleh anak-anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Meja, MDTA, Ergonomi, Antropometri, Desain, Anthropometry, Ergonomics, Tables
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Industrial & Mechanical Engineering > Tooling, Machinery, & Tools
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:10
Last Modified: 19 Feb 2024 04:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32404

Actions (login required)

View Item
View Item