Hegemoni china di tengah produksi dan distribusi vaksin covid-19

Puty, Maharani and Muhammad, Badaruddin (2022) Hegemoni china di tengah produksi dan distribusi vaksin covid-19. In: Prosiding Seminar Nasional Ilmu Politik dan Hubungan Internasional, 30 agustus 2022, semarang.

[thumbnail of 3025-390X_4_2022-1.pdf]
Preview
Text
3025-390X_4_2022-1.pdf

Download (825kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 yang bermula pada tahun 2020 lalu telah memberikan dampak serta perubahan yang besar terhadap dunia, terkhususnya pada bidang kesehatan.
Negara-negara didesak untuk dapat menangani penyebaran virus yang telah menginfeksi banyak orang tersebut. Salah satu cara yang dapat memberikan perlindungan serta kekebalan tubuh bagi manusia adalah dengan pemberian vaksin. Oleh karena itu, beberapa negara maju di dunia mulai berlomba-lomba untuk dapat menciptakan vaksin yang mampu memutus rantai penyebaran Covid-19. China sebagai salah satu negara produsen vaksin telah mampu menghasilkan produk vaksinnya sendiri dan kemudian mendistribusikannya ke berbagai negara di dunia. China dapat memproduksi vaksin dalam jumlah yang besar dan dengan waktu yang singkat. Meskipun dikenal sebagainegara yang menjadi sumber munculnya virus varian baru tersebut, mereka dapat memperbaiki citranya. Bahkan dengan usaha dan strategi seperti diplomasi vaksin, Chinajustru menjadikan vaksin buatannya sebagai sumber kekuatan baru yang memperkuat posisinya di panggung internasional. Paper ini akan membahas tentang China yan gmerupakan salah satu produsen vaksin Covid-19 terbesar saat ini dan bagaimana produk mereka tersebut dapat memberikan hegemoni ataupun pengaruh ke negara-negara lain.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: China, Vaksin Covid-19, Produsen Vaksin, Hegemoni, Diplomasi Vaksin
Subjects: Health Resources > Health Services
Social and Political Sciences > Political Sciences
Depositing User: Maria Jose A. da C. Goncalves
Date Deposited: 05 Dec 2023 08:26
Last Modified: 05 Dec 2023 08:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/31237

Actions (login required)

View Item
View Item