Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks debat kelas X SMA Negeri 1 Lawe Bulan

Sani, Sani and James, Marudut and Irfan, Johari (2022) Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks debat kelas X SMA Negeri 1 Lawe Bulan. Tuwah Pande, 1 (1). pp. 160-172. ISSN 2963-7953

[thumbnail of 2963-7953_1_1_2022-12.pdf]
Preview
Text
2963-7953_1_1_2022-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Debat Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam pendekatan kuantitatif . Untuk pendekatan penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. maka populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah 92 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini siswa 21 yaitu kelas X IPS 1 yang diambil menggunakan teknik purposif sampling atau pengambilan sampel yang ditentukan. Adapun hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada Bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Sebagai Pembelajaran Menulis Teks Debat pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata tes awal Pembelajaran Menulis Teks Debat siswa adalah sebesar 55.71 dengan standar deviasinya sebesar 9.95 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhirnya dengan nilai rata-ratanya sebesar 80.48 dengan standar deviasinya sebesar 7.85 Berdasarkan data hasil tes awal dan tes akhir siswa tersebut dan jika dikaitkan dengan nilai KKM bahasa Indonesia untuk SMA sebesar 75, maka Pembelajaran Menulis Teks Debat untuk tes akhir siswa termasuk dalam Kemampuan baik. Selain itu, pada nilai t observasi > t tabel yakni 9.00 > 2,08 maka dengan deikian dari hasil pengujian hipotesis di atas diperoleh kesimpulan bahwa ada Peningkatan Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Sebagai Upaya Pembelajaran Menulis Teks Debat pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Bulan Tahun Pembelajaran 2021/2022

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Menulis Teks Debat, Metode Pembelajaran Resitasi, Learning methods, Upper secondary education, Debates and debating, Recitations, Academic achievement
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: I Made Budhi Gautama
Date Deposited: 22 Nov 2023 13:15
Last Modified: 22 Nov 2023 13:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/30637

Actions (login required)

View Item
View Item