Analisis deskriptif kualitas soal Multiple Choice Questions (MCQ) mini kuis tutorial di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Alia, Mahda and Mega, Pandu Arfiyanti and Andra, Novitasari and Romadhoni, Romadhoni (2023) Analisis deskriptif kualitas soal Multiple Choice Questions (MCQ) mini kuis tutorial di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 10 (6). pp. 1-9. ISSN 2549-4864

[thumbnail of 2355-7583_10_6_2023-13.pdf]
Preview
Text
2355-7583_10_6_2023-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (157kB) | Preview

Abstract

Analisis Deskriptif Kualitas Soal Multiple Choice Questions (MCQ) Mini Kuis Tutorial di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Penilaian hasil belajar siswa merupakan suatu proses dalam pendidikan. Dalam pendidikan kedokteran asesmen memiliki beberapa tujuan, yaitu mencapai tujuan pembelajaran, memahami proses belajar mahasiswa, memberikan asesmen terhadap kompetensi mahasiswa, dan sebagai pengembangan dan evaluasi program pendidikan. Hasil tes menggambarkan standar kompetensi siswa dan kualitas pembelajaran yang diterapkan sehingga instrumen tes yang digunakan harus memiliki karakteristik butir yang baik. Kualitas soal dapat dilihat dari indeks kesukaran dan indeks daya pembeda butir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tutorial kuis mini multiple choice questions (MCQ) di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menganalisis tingkat kesukaran dan indeks daya pembeda butir soal MCQ data nilai mini kuis tutorial mahasiswa blok 8 tahun akademik 2021/2022 FK Unimus. Penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh secara total sampling. Instrument penelitian ini adalah indeks kesukaran dan indeks diskriminasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Jumlah butir soal mini kuis tutorial yaitu sebanyak 10 soal. Indeks kesukaran yang termasuk kategori mudah yaitu modul 1 (80%), modul 2 (80%), modul 3 (80%) dan modul 4 (70%). Dan memiliki indeks diskriminasi yang jelek yaitu (70%) pada modul 1, (40%) pada modul 2, (30%) pada modul 3 dan (30%) pada modul 4. Butir soal mini kuis FK Unimus ditinjau dari proporsi indeks kesukaran didominasi oleh kategori mudah dan indeks diskriminasi didominasi oleh kategori kurang baik.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Indeks kesukaran, indeks diskriminasi, Discriminant analysis, Multiple choice questions
Subjects: Health Resources
Medicine & Biology
Social and Political Sciences
Depositing User: Putu Indra Widiartha
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:57
Last Modified: 02 Nov 2023 07:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/29161

Actions (login required)

View Item
View Item