Strategi meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa tingkat sekolah dasar

Nur, Laili Indasari and Siti, Amaliati (2023) Strategi meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris siswa tingkat sekolah dasar. Acitya Bhakti, 3 (2): 6. pp. 138-145. ISSN 2797-4979

[thumbnail of 2797-4979_3_2_2023_6.pdf]
Preview
Text
2797-4979_3_2_2023_6.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Pada waktu sekarang ini, siswa di Sekolah Dasar diharapkan memiliki kemampuan yang bagus dalam Bahasa Inggris. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena bahasa sehari-hari mereka bukanlah bahasa Inggris. Di sekolah, mereka hanya mendapatkan dua jam untuk mata pelajaran bahasa Inggris sementara mereka dituntut mampu mengerjakan ujian, lembar kerja, dan menguasai banyak kosakata. Kurangnya waktu dan kelemahan siswa pada kemampuan bahasa Inggris menjadi pertimbangan kami untuk melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan memberikan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi, pemahaman, dan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya pada kemampuan berbicara melalui berbagai macam strategi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pembelajaran secara gratis dengan kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para siswa antusias dalam pembelajaran. Mereka termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Kemampuan mereka dalam memahami materi meningkat. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam merespon pertanyaan dan melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sekolah dasar, Strategi pembelajaran, Motivasi, Primary education, Learning strategy, Learning motivation
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Annisa Aninditya Setianingrum
Date Deposited: 26 Oct 2023 09:03
Last Modified: 26 Oct 2023 09:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28988

Actions (login required)

View Item
View Item